nusabali

Beragam Pilihan Buah untuk Panas Dalam

  • www.nusabali.com-beragam-pilihan-buah-untuk-panas-dalam

JAKARTA, NusaBali.com - Panas dalam termasuk penyakit yang sering dialami. Meskipun umumnya bukan kondisi serius, namun gejala panas dalam bisa terasa tidak nyaman serta mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain dengan obat-obatan, ada juga berbagai buah untuk panas dalam.

Apa saja buah-buahan yang dapat menjadi pilihan? Berikut ini beberapa buah-buahan dari distributor buah segar untuk mengatasi panas dalam. 

Pilihan Buah untuk Panas Dalam 

Sebelum mengatasi panas dalam, perlu diketahui bahwa panas dalam sendiri bukan suatu penyakit melainkan kumpulan gejala dari kondisi tertentu yang mempengaruhi tenggorokan. Gejala tersebut meliputi bibir pecah-pecah, sariawan, sakit tenggorokan dan badan terasa seperti mengeluarkan hawa panas. Untuk membantu meredakan berbagai gejala panas dalam yang timbul, ada beberapa buah yang dapat dikonsumsi, di antaranya: 

- Pisang 

Buah pisang punya tektur yang lembut dan mudah untuk ditelan. Buah pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C dan kadar kalium yang tinggi sehingga dapat membantu meredakan gejala sakit tenggorokan seperti panas dalam. 

- Nanas

Nanas termasuk jenis buah dengan kadar vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini dapat membantu mempercepat pengobatan radang tenggorokan ketika panas dalam. Anda dapat meminum 1-2 gelas jus nanas sebelum istirahat 1-2 jam. Dengan demikian, manfaat jus nanas dapat bekerja dengan lebih baik lagi di dalam tubuh. 

- Jeruk Nipis 

Jeruk nipis terkenal mengandung vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, minum sari jeruk nipis supplier buah segar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan di dalam tubuh, meredakan pembengkakan dan melegakan tenggorokan. Untuk meredakan gejala yang ada di tenggorokan, anda dapat minum campuran sari jeruk nipis dan 1 sendok makan madu murni. 

- Lemon 

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga diketahui kaya akan vitamin C yang dapat membantu meredakan sensasi panas pada tubuh. Ketika diminum, lemon juga dapat melebapkan tubuh serta meningkatkan oksigen dan elektrolit di dalam tubuh.  Ketika diminum, lemon juga dapat melembapkan tubuh serta meningkatkan oksigen dan elektrolit di dalam tubuh. Anda dapat membuat jus lemon dengan memeras setengah buah lemon untuk mendapatkan sarinya lalu tambahkan sedikit garam dan setengah sendok gula. Campurkan semuanya dengan air dingin untuk kemudian diminum. Anda juga dapat mencampurkan satu sendok teh sari lemon dengan air putih hangat. 

- Kiwi

Buah import jakarta kiwi juga termasuk jenis buah dengan kadar vitamin C yang tinggi.  Mengkonsumsi buah kiwi dengan rutin membantu anda memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Kiwi juga mengandung serotonin yang dapat membantu anda tidur dengan lebih nyenyak. Istirahat yang cukup dapat membantu anda untuk mengobati sakit tenggorokan seperti panas dalam dengan jauh lebih cepat. 

- Delima 

Buah delima mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut diketahui dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang merupakan salah satu gejala panas dalam. Buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan melawan penyebab infeksi di dalam tubuh. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah ini atau membuatnya menjadi jus. 

- Belimbing 

Belimbing diketahui dapat membantu meredakan infeksi pada tenggorokan dan sensasi panas yang mungkin timbul ketika sakit tenggorokan. Untuk mengkonsumsi belimbing, anda dapat langsung memakannya atau membuatnya menjadi jus buah belimbing. 

- Air Kelapa 

Air dari buah kelapa memiliki fungsi mendinginkan sehingga dapat bekerja sebagai pereda sensasi panas dalam tubuh. Air kelapa dapat mengembalikan cairan tubuh serta menjaga kadar normal elektrolit yang mengatur suhu tubuh. 

- Semangka 

Biasanya semangka mengandung 92% air di dalamnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi semangka dapat membantu meredakan dehidrasi dan mendinginkan suhu tubuh. Kalau dikonsumsi dengan rutin, buah semangka juga dapat mengendalikan suhu panas di dalam tubuh sehingga bermanfaat mencegah panas dalam. 

- Timun 

Sama seperti semangka, timun termasuk jenis buah yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena punya kadar air yang banyak, sekitar 95%. Tetapi tidak hanya itu, timun juga mengandung serat yang tinggi. Untuk itu, buah timun juga dapat digunakan untuk mencegah sembelit yang mungkin timbul karena panas dalam. 

Komentar