nusabali

Anggaran Penataan Pantai Goa Lawah Rp 8 Miliar

  • www.nusabali.com-anggaran-penataan-pantai-goa-lawah-rp-8-miliar

Penataan parkir Pantai Goa Lawah Rp 4.279.600.000, plaza pengunjung pantai termasuk patung kelelawar Rp 4.073.700.000.

SEMARAPURA, NusaBali
Kawasan Objek Wisata Pantai Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung ditata dengan anggaran sebesar Rp 8 miliar lebih. Penataan meliputi parkir dan plaza pengunjung termasuk pembuatan patung kelelawar setinggi 10 meter. Patung kelelawar digarap oleh seniman patung asal Kecamatan Ubud, Gianyar, I Wayan Winten. Karya patung ini tampak realis atau nyata. Banyak pengunjung dan pengendara melakukan foto selfie di patung kelelawar tersebut.

Terdapat sebuah goa, pada bagian atasnya terdapat tiga kelelawar dengan ukuran masing-masing 2 meter. Kelelawar paling atas merupakan simbolik raja kelelawar, 2 kelelawar di sampingnya sebagai patih. Di dalam goa terdapat 4 kepicit (anak kelelawar). Pada bagian bawah goa dililit 2 patung naga. Proses pengerjaan tinggal penempelan tabas dan penataan taman di bawahnya. Seniman patung Wayan Winten mengatakan, ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Klungkung. “Karena di Goa Lawah ikoniknya adalah kelewalar, saya bikin yang terbaik, dengan perkembangan desain yang beberapa kali saya ubah. Ini kan konsumsi publik, jadi masyarakat bisa menilai, pengurus pura bisa menilai, dan Pemkab bisa menilai,” ujar Winten.

Foto: Seniman patung I Wayan Winten. -DEWA DARMAWAN

Ciri khas yang ingin dia tuangkan dalam karyanya yakni hidup dan memiliki spirit. “Kendala tidak ada, mudah-mudahan tidak hujan agar pekerjaan lancar,” ujar mantan guru seni patung SMKN 1 Sukawati, Gianyar (SMSR) ini. Dalam pembuatan patung, Winten didukung finansial yang kuat. “Saya banyak melibatkan mantan murid dalam pengerjaan patung ini,” kata Winten. Pengerjaan patung dibuat terlebih dahulu di galery di Ubud selama sebulan, sembari menunggu pondasi patung selesai di Plaza Goa Lawah. Setelah pondasi selesai, patung langsung digabungkan di Goa Lawah, lanjut pembuatan goa dan 2 ekor naga. 

Terpisah, Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, penataan di areal Objek Wisata Goa Lawah tahun ini meliputi penataan parkir dan plaza pengunjung. Di plaza pengunjung dibangun patung kelelawar sebagai ikon Goa Lawah. Anggaran penataan parkir Pantai Goa Lawah Rp 4.279.600.000 sedangkan plaza pengunjung Pantai Goa Lawah termasuk patung kelelawar Rp 4.073.700.000. “Anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Sulistiawati. 7 wan

Komentar