nusabali

SMAN 2 Amlapura Juara III Lomba Mading Nasional

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-juara-iii-lomba-mading-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Tim Jurnalistik Theia Widyaloka SMAN 2 Amlapura meraih Juara III Kompetisi Mading Kompas Tingkat Nasional 2023, edisi November 2023. Meskipun hanya juara III, tim ini tetap bersyukur.

"Tetap kami syukuri, sebagai juara III di Lomba Mading edisi terakhir," jelas, I Gede Wahyu Dipta Pariandika siswa kelas XI/9, anggota tim kepada NusaBali di SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati, Sabtu (16/12).

Judul mading dalam lomba bulan November, The History, yang merupakan akronim dari Harmony With Stoicism Journey. Tema ini memiliki makna mengharmoniskan kesehatan mental dengan filosofi stoikisme. Stoikisme itu adalah istilah filsafat, yang memiliki makna pandangan hidup agar manusia mampu mengontrol emosi dirinya sendiri untuk menyukuri apa yang telah didapatkan.

Bergabung di tim lomba mading, I Gede Wahyu Dipta Praiandika kelas XI/9, Putu Adelia Nareswari kelas XI/8, Ni Made Dian Wahyuni Pariandini kelas X/4, Aditya Chrisna Pratama kelas X/7, dan Aryadhika Arkananta Prinanda kelas X/7.

Kata I Gede Wahyu Dipta Pariandika, untuk lomba ini timnya melakukan persiapan selama dua minggu secara penuh. Mulai dari merancang tema, mempersiapkan naskah, menyusun materi, tata letak, lay out, agar antara naskah dengan foto-foto jadi  harmonis.

Selanjutnya, mengevaluasi sebelum hasil karya dikirim ke dewan juri. Tahap ini merupakan bagian terpenting dari pendidikan literasi. Sebab ada proses mencari naskah, secara tidak langsung wajib membaca beberapa referensi, kemudian menyusun naskah, dan membaca kembali.

Gelar juara III, bagi SMAN 2 Amlapura, dirasakan telah merupakan pencapaian tertinggi di tahun 2023, dalam lomba mading. Tim SMAN 2 Amlapura berharap agar adik-adik kelasnya melanjutkan prestasi itu di tahun depan.

Harapan nanti, jelasnya, tim itu kembali berlaga, apalagi, yang jadi anggota tim, adalah kelas X dan kelas XI, sehingga masih punya kesempatan berlomba, untuk meningkatkan prestasi.

Sedangkan juara I di lomba mading Kompas, edisi November 2023, SMA Santo Kristoforus 2 Jakarta, juara II SMA Kristen Petra 1 Surabaya, juara III SMAN 2 Amlapura, juara IV SMK Pembangunan Bogor, Jawa Barat, dan juara V SMAN 2 Kuta, Badung.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengapresiasi prestasi anak didiknya sebagai juara III tingkat nasional, yang dilaksanakan media Kompas berlangsung selama 10 bulan, Februari - November 2023. Tiap bulan ada lomba dengan tema berbeda-beda, pesertanya beregu, dengan anggota 3 - 5 siswa. "SMAN 2 Amlapura juara III, di edisi lomba yang terakhir," katanya.

Sedangkan tiap bulan ada pemenangnya, melibatkan peserta SMA sederajat, secara beregu, tiap regu hanya boleh mengirim satu karya mading, isi dan konten mading wajib sesuai tema mading. Dalam mading itu, tertuang kutipan, mesti sesuai sumber yang jelas. Dalam mading, minimal mengunggah 4 foto, masing-masing foto mading secara keseluruhan, foto tim penyusun karya mading, foto proses pembuatan mading, foto siswa dan foto pendukung lainnya. Ketentuan lainnya, tidak boleh bertentangan dengan kasusilaan, SARA, dan pornografi.

Sebelumnya, tim SMAN 1 Amlapura sebagai juara II, edisi September 2023, dan juara III edisi Agustus 2023. Bertindak sebagai dewan juri, Suherman pegiat literasi, Susie Berindra Wartawan Kompas, dan Luvi Arvianto desainer grafis Kompas.7k16

Komentar