nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Rsi Gana lan Bumi Suda

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-rsi-gana-lan-bumi-suda

AMLAPURA, NusaBali - Dua sulinggih muput upacara Pacaruan Rsi Gana Lan Bumi Suda pada puncak perayaan Saraswati di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (16/12).

Dua sulinggih ini, Ida Pedanda Gede Karang Kerta Udiana dari Griya Taman Toya Malong, Banjar Buayang, Desa Culik, Kecamatan Abang. Satu lagi, Ida Pedanda Gede Swabawa Karang Adnyana dari Griya Karang, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem.

Upacara Pacaruan Rsi Gana dilaksanakan karena di SMAN 1 Amlapura usai membangun gedung ruang guru, Laboratorium Fisika, dan perbaikan ruang kelas. Disamping itu, melakukan penataan halaman sekolah.

Upacara itu juga dirangkaikan dengan upacara Nubung Pedagingan ditandai Mendem Panca Datu di dasar palinggih Padmasana. Upacara ini juga dilengkapi upacara Bumi Suda.

Ida Pedanda Gede Swabawa Karang Adnyana mengatakan, pentingnya menggelar upacara bumi suda, untuk pembersihan mandala atau areal sekolah, agar bersih secara niskala. "Bumi suda kan upacara pembersihan mandala, ditandai membuat miniatur mandala, berisi sembilan mata angin," jelas Ida Pedanda Gede Swabawa Karang Adnyana yang saat walaka bernama Ida Wayan Oka Adnyana.

Rangkaian upacara di SMAN 1 Amlapura, diisi tari Rejang Dewa dengan 20 penari. Wayang Kulit dan Tari Topeng Sidha Karya, menambah khusyuknya upacara.

Di bagian lain, perayaan Saraswati di SMA PGRI Amlapura, di Jalan Sudirman, Amlapura, dipuput Ida Pedanda Gede Putra Datah dari Griya Adhi, Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem.

Rangkaian upacaranya juga dengan mementaskan tari Rejang Dewa oleh 11 penari. "Tiap hari Saraswati rutin melaksanakan upacara di sekolah bersama siswa dan guru, untuk memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan," jelas Kasek SMA PGRI Amlapura I Ketut Jelantik.7k16

Komentar