nusabali

Peduli Sesama, Rai Wahyuni Sanjaya Lanjutkan Aksi Sosial di Kerambitan

  • www.nusabali.com-peduli-sesama-rai-wahyuni-sanjaya-lanjutkan-aksi-sosial-di-kerambitan

TABANAN, NusaBali - Wujud nyata kepedulian sosial, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya pimpin serangkaian kegiatan aksi sosial di Kecamatan Kerambitan, Kamis (7/12).

Kegiatan dalam program ‘Menyapa dan Berbagi’ ini membantu penyandang disabilitas, penderita kanker dan penderita tuberkulosis serta Pelaksanaan Penggak PKK  yang berlangsung di Wantilan Kantor Camat Kerambitan. 

Acara yang menjadi momentum penting untuk menggerakkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial di antara anggota masyarakat ini, Bunda Rai juga menggandeng beberapa organisasi yang bergerak di bidang kesehatan, antara lain YKI (Yayasan Kanker Indonesia) Tabanan, PPTI (Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia) Cabang Tabanan dan K3S (Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kabupaten Tabanan.

Dalam upaya bangkit secara ekonomi pasca Covid-19, Srikandi Tabanan bersama TP PKK memberikan bantuan kepada 30 penyandang disabilitas yang terdiri dari beras, minyak goreng, telur, dan mie instan. Sedangkan dari PPTI memberikan bantuan kepada 2 penderita tuberkolosis yang terdiri dari beras, gula, kacang hijau, susu, sarden dan mie instan. Lalu dari YKI bantuan berupa beras, gula, kacang hijau, minyak goreng dan telur kepada 4 penderita kanker. Sedangkan dari K3S berupa 2 kursi roda dan 1 tongkat kaki empat untuk penyandang disabilitas. 

Kegiatan pagi itu juga dirangkaikan dengan kegiatan Penggak PKK dimana Penggak PKK adalah bantuan sosial berupa sembako yang acaranya dikemas dalam bentuk yang berbeda, yang mana para penerima bantuan yang terdiri dari 125 lansia mengambil sendiri bantuan tersebut berupa beras, telur, minyak, sayuran, tempe dan tahu, yang telah tata diatas meja seperti berjualan, mampak pada kesempatan itu Bunda Rai melayani para lansia dengan penuh kasih. 

Penggak PKK ini merupakan program inovasi dari TP PKK Provinsi Bali pada saat pandemi dan sampai saat ini masih terus dilanjutkan oleh  Rai Wahyuni Sanjaya untuk membantu masyarakat. 

Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari komitmen Bunda Rai dalam mendukung dan membantu mereka yang membutuhkan, sejalan dengan upaya nyata TP PKK dalam memperkuat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tabanan. Juga untuk terus berperan aktif dalam membangun kesejahteraan masyarakat Tabanan secara inklusif dan berkelanjutan.

Selain memberikan dukungan dalam bentuk materil, Bunda Rai juga memberikan dukungan secara moril. “Saya sebagai Ketua Dekranasda, saya memberikan ruang kepada penyandang disabilitas dan penderita kanker yang memiliki usaha untuk ikut serta dalam pameran dalam berbagai event di Kabupaten Tabanan, seperti ada yang berjualan kerajinan tangan seperti gelang, ada yang berjualan tanaman, usaha kuliner nasi kuning, brownis, jajan bali, ada yang menulis buku sampai ada yang bergelut dibidang jasa pijat refleksi," ujar Bunda Rai.

Selaku ketua YKI, dirinya juga memberikan semangat kepada pasien penderita kanker untuk tetap disiplin, tetap semangat juga berpikir positif dan yakin pasti akan sembuh. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala, dalam hal ini Bunda Rai juga mencanangkan untuk membuat sebuah rumah singgah. Dimana dengan adanya rumah singgah dapat membantu masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari Rumah Sakit Tabanan, dapat tinggal di Rumah Singgah selama pengobatan di Rumah Sakit berlangsung. Harapnya semoga gagasan yang mulia ini bisa cepat terwujud. 

Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kecamatan Kerambitan Ny Adi Supraja,  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Bupati atas wujud kepeduliannya kepada masyarakat Kabupaten Tabanan, dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Kehadiran Ibu Ketua TP PKK di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan perhatian dari sosok seorang ibu yang penuh dengan kasih sayang," ujarnya sekaligus sangat mendukung program-program dan aksi sosial yang telah berjalan juga yang dicanangkan ke depan oleh Bunda Rai. @des 

Komentar