nusabali

DLHK Denpasar Tangani Pohon Tumbang di 3 Lokasi

  • www.nusabali.com-dlhk-denpasar-tangani-pohon-tumbang-di-3-lokasi

DENPASAR, NusaBali.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Senin (4/12/2023) pagi, telah menerjunkan dua armada sekaligus dalam upaya penanganan pohon tumbang di beberapa lokasi, seputaran Kota Denpasar.

Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak DLHK Kota Denpasar, penanganan pohon tumbang ini dilakukan di tiga lokasi berbeda, yakni di Jalan Tantular, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Pulau Nias.

Ida Ayu Widhiyanasari, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Pertamanan DLHK Kota Denpasar, menuturkan bahwa pihaknya mendapatkan informasi tersebut sekitar pukul 07.00 WITA. “Kami dihubungi, tim (DLHK Kota Denpasar) langsung meluncur ke sana dan membantu,” kata Ayu.

“Penanganan pohon tumbang tadi, yang di (jalan) Letda Tantular itu, kami dapat informasi dari BPBD Provinsi. Mereka mengetahui pertama terjadinya pohon tumbang,” jelas dia.

Lebih lanjut, Ayu menjelaskan bahwa selain di Jalan Tantular, pohon tumbang juga terjadi di dua lokasi lainnya. Bekerjasama dengan pihak BPBD, Kedua lokasi itu pun sudah berhasil ditangani sehingga tidak memutus akses lalu lintas kendaraan. 

 “Jalan Pulau Nias, itu juga ada pohon tumbang, itu sudah kami tangani, kemudian Jalan Hayam Wuruk juga ada, satu pohon santan, ,” jelas Kepala Bidang itu.

Untuk mengantisipasi bencana serupa, pihak DLHK Kota Denpasar, akan tetap mengoptimalkan program perawatan tanaman, terkhususnya untuk pohon-pohon yang berada di seputaran wilayah Kota. Hal ini perlu dilakukan, mengingat saat musim hujan seperti ini, bencana pohon tumbang akan sangat rawan terjadi. 

Salah satu upaya perawatan yang akan dilakukan adalah dengan memangkas pohon-pohon tersebut. “Memang pohon-pohon kita di Denpasar, lahan terbatas, tidak terlalu luas, pohonnya udah tinggi-tinggi, jadi kita harus bertahap me-maintenance untuk memelihara (pohon) dia,” jelas Ayu. *ol4

Komentar