nusabali

Nelayan Karangasem Terbantu Kehadiran Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan

  • www.nusabali.com-nelayan-karangasem-terbantu-kehadiran-bengkel-pertamina-sahabat-nelayan

AMLAPURA, NusaBali.com - Nelayan di Tanah Ampo, Karangasem, Bali, kini bisa bernapas lega. Pasalnya, kesulitan mereka dalam memperbaiki mesin kapal yang rusak kini sudah teratasi.

Berkat kolaborasi PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) Region V, Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan kini hadir di Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Banjar Tanah Ampo ini  merupakan wilayah Ring 1 dari Integrated Terminal Manggis yang 90 persen masyarakatnya bekerja sebagai nelayan tangkap. 

Sebelum adanya bengkel ini, para nelayan di Tanah Ampo harus menempuh jarak 12 kilometer ke Kusamba, Klungkung, untuk memperbaiki mesin kapal mereka. Hal ini tentu sangat menyulitkan, terlebih lagi jika mesin kapal rusak di tengah laut.

“Setiap kali mesin kami rusak, kami selalu membawa mesin ke Kusamba di Klungkung yang jaraknya lebih kurang 12 kilometer dari Tanah Ampo. Melepas mesin kapal lalu membawanya dengan sepeda motor ke Kusamba,” ungkap Komang Gelgel, nelayan Tanah Ampo.

Namun setelah adanya bengkel nelayan ini, ia menyatakan sangat terbantu. “Kami hanya tinggal menyandarkan kapal kami dan menghemat pengeluaran kami juga,” imbuh Komang Gelgel.

Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan ini dilengkapi dengan berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin kapal. Selain itu, bengkel ini juga didukung oleh tenaga ahli yang telah terlatih.

Pelatihan keterampilan perbengkelan perbaikan mesin kapal dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 20 November dan akan ditutup pada 1 Desember. “Nelayan diberikan keterampilan tentang teknik perawatan mesin diesel secara berkala dan overhaul engine,” ujar Subhan Fajri, Integrated Terminal Manager Manggis.

Dengan adanya Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan di Tanah Ampo. Nelayan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki mesin kapal mereka. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin kapal juga lebih singkat.

“Dengan adanya kolaborasi PT Pertamina Patra Niaga dan PT Pertamina Lubricants ini, harapan kami kesejahteraan nelayan di Tanah Ampo bisa meningkat terutama peningkatan pendapatan rumah tangga para nelayan,” ujar Ahad Rahedi, Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

Keberadaan Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan Tanah Ampo ini tidak hanya bisa memudahkan nelayan Tanah Ampo tetapi juga memudahkan nelayan-nelayan di Karangasem untuk memperbaiki dan merawat mesin kapal mereka.

“Melalui kegiatan ini harapan kami dapat mendukung capaian pembangunan berkelanjutan SDGs, khususnya tujuan ke-4 pendidikan berkualitas dan tujuan ke-8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” tegas Ahad.




Komentar