nusabali

Sutha Nikmati Borobudur Marathon

  • www.nusabali.com-sutha-nikmati-borobudur-marathon

JAKARTA, NusaBali - Penyanyi Putu Sutha Natha Wijaya sangat menikmati Borobudur Marathon yang berlangsung, Minggu (19/11). Lantaran di sepanjang rute Borobudur Marathon, dia bisa melihat keindahan alam di sana. Selain itu, mendapat dukungan dari penduduk lokal di sepanjang rute yang dia lalui.

Di Borobudur Marathon, Sutha turun di kategori half marathon. "Saya baru pertama kali mengikuti Borobudur Marathon. Senang sekali bisa mengikutinya," ujar Sutha kepada NusaBali, Senin (20/11). Apalagi, Sutha tidak sendirian di Borobudur Marathon.

Dia lari bersama temannya dari Jakarta dan Bali yang ikut serta. Mereka baru perdana pula mengikuti ajang marathon, sehingga Sutha mendampingi mereka sampai garis finish. Oleh karena itu, Sutha tidak terlalu mengejar waktu.

Justru, dia lari santai guna menikmati keindahan di sepanjang rute. "Saya finish dengan waktu tiga jam 29 menit," ucap Sutha. Menurut Sutha, rute yang dia lalui sangat bagus. Bahkan, tanjakannya lebih tinggi ketimbang di Bali.

Sutha pun, sukses melaluinya karena di sepanjang jalan banyak warga lokal, anak-anak sekolah, marching band dan paduan suara yang menyemangati. Plus, banyak fotografer yang mengabadikan para peserta. Borobudur Marathon awalnya tidak masuk dalam agenda Sutha. Terlebih pendaftarannya sudah tutup.

Namun, dibukanya pendaftaran melalui sistem ballot (pemilihan peserta melalui sistem acak) membuat Sutha bisa ikut serta. Dia memilih turun di half marathon. "Tadinya, saya mau main di full marathon. Setelah melihat rute dan kondisinya cukup panas, saya memilih di half marathon saja," terang Sutha.

Start dimulai pukul 05.00 WIB dari area Candi Borobudur. Lalu ke luar area dengan melintasi desa-desa di sekitar dan finish di area Candi Borobudur kembali. Guna mengikuti Borobudur Marathon, Sutha hanya latihan rutin. Itu pun, menyambung dari persiapan mengikuti Maybank Marathon 2023 Bali di Kabupaten Gianyar pada Agustus kemarin.

"Jadi, persiapan saya sejak awal tahun 2023 karena untuk mengikuti marathon di Bali. Setelah itu, ada Barobudur Marathon sehingga persiapannya menyambung dari sana. Saya rutin latihan lari di sela-sela kesibukan nyanyi. Lalu jaga nutrisi dan istirahat cukup," terang Sutha.

Borobudur Marathon menjadi penutup ajang lari yang Sutha ikuti di tahun 2023. Tahun 2024, dia berencana mengikuti marathon di Bali dan Borobudur lagi. Di Borobudur Marathon, Sutha bakal turun di full marathon. 7 k22

Komentar