nusabali

Tangani Abrasi, Badung Bangun Revetment

  • www.nusabali.com-tangani-abrasi-badung-bangun-revetment

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung membangun revetment di sejumlah pantai sebagai upaya melindungi pesisir pantai dari abrasi. Pembangun revetment tidak hanya di Pantai Kuta, melainkan juga di Pantai Pandawa, Cemagi, dan Pererenan.

“Pembangunan revetment ini merupakan upaya penanganan abrasi karena sempat terjadi banjir rob. Di samping itu juga untuk menunjang sektor pariwisata,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas PUPR Badung AA Rama Putra, Selasa (20/11).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Badung, proyek tersebut memiliki nilai pagu Rp 19.011.229.000, dengan nilai HPS Rp 19.008.846.854. Anggaran bersumber dari APBD Badung tahun 2023.

Untuk di Pantai Kuta, material proyek seperti batu sudah tiba sejak Sabtu (18/11) malam. Tak hanya itu, beberapa alat berat juga sudah terlihat di sana. Rencananya pembangunan revetment di Pantai Kuta sepanjang 60 meter, terletak di selatan Hard Rock Hotel hingga di gerbang utama. Diperkirakan pembangunan akan rampung dalam waktu 2-3 minggu.

“Untuk di Pandawa itu revetment panjangnya kurang lebih 160 meter. Di Pantai Kuta yang paling sedikit, karena yang kami tata ini yang urgen mengalami abrasi. Sebab ini menyangkut destinasi kita dan pengamanan aset di kawasan,” tegas Gung Rama.

Dengan langkah-langkah ini, Dinas PUPR Badung berharap dapat meminimalisasi dampak abrasi dan melindungi keindahan serta keberlanjutan lingkungan di sekitar pantai-pantai tersebut. 7 ol3

Komentar