nusabali

Tunjangan Guru Jembrana Cair Rp 8,6 Miliar

  • www.nusabali.com-tunjangan-guru-jembrana-cair-rp-86-miliar

TPG diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada para guru secara khusus sebagai bentuk penghargaan atas profesionalitasnya.

NEGARA, NusaBali
Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan III tahun 2023 di Kabupaten Jembrana, sudah mulai dicairkan. Total anggarannya adalah sebesar Rp 8.668.269.900 atau Rp 8,6 miliar lebih. 

TPG tersebut diserahkan Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara simbolis kepada Ketua PGRI kabupaten Jembrana di rumah kediaman Bupati Jembrana, Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Rabu (15/11). 

Selain para guru, dalam penyerahan tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jemrana I Gusti Putu Anom Saputra dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jembrana I Komang Wiasa. 

Kepala BPKAD Jembrana I Komang Wiasa mengatakan, memiliki tugas untuk memantau pengelolaan keuangan baik itu yang anggarannya bersumber daerah maupun dari pusat. "Hari ini kondisi keuangan pemerintah kabupaten cukup sehat. Urusan dana pusat yang ditransfer langsung ke sekolah seperti dana BOS, DAK non fisik itu memang langsung ke sekolah-sekolah. Kita hanya memantau tata kelola keuangannya saja," ujarnya. 

Sama halnya seperti TPG, kata Wiasa, setelah semua persyaratan terpenuhi, maka pencairan segera dapat dilaksanakan. Bahkan pihaknya mengaku pencairan dapat dilakukan kurang dari seminggu. "Termasuk juga TPG, ketika sudah dicairkan dari pusat maka tidak sampai seminggu ketika semua persyaratan penyaluran selesai pasti segera disalurkan," ucapnya. 

Selain itu, Wiasa mengatakan Pemkab Jembrana berupaya untuk merealisasikan hak-hak para guru tepat waktu. "Bapak Bupati tentunya ingin mempercepat hak-hak para guru agar mereka bahagia," tandasnya.

Sementara Bupati Tamba berharap apa yang diterima oleh para guru dapat digunakan secara bijak baik untuk keluarga maupun meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada para siswa. "Mohon dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya apa yang didapat, dan semoga bermanfaat untuk keluarga dan pendidikan," ujarnya.

Sementara Ketua PGRI Jembrana I Ketut Marhendra mewakili para guru di kabupaten Jembrana sangat berbahagia karena hak-hak para guru dapat diterima. Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah kabupaten Jembrana sehingga TPG dapat direalisasikan. 7ode

Komentar