nusabali

30 Penyandang Disabilitas Ikuti Pelatihan Desain Mode

  • www.nusabali.com-30-penyandang-disabilitas-ikuti-pelatihan-desain-mode

MANGUPURA, NusaBali - Sebagai bentuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi penyandang disabilitas, pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Sosial menggelar program Pelatihan Desain Mode bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Badung.

Kegiatan yang berlangsung 9-13 November 2023 di Ruang Rapat Dinas Sosial Kabupaten Badung ini diikuti 30 peserta.

Pelatihan desain mode ini menghadirkan narasumber dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dengan tujuan mewujudkan Badung yang inklusi, sekaligus dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Badung. Diharapkan melalui kegiatan ini keterampilan yang dimiliki para penyandang disabilitas meningkat, sehingga mereka menjadi semakin berdaya.

Secara resmi acara, Kamis (9/11) oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Badung I Ketut Sudarsana. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Enny Tamiyati, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial I Nyoman Rai Dyatmika.

Sudarsana mengatakan, Dinas Sosial Kabupaten Badung berkomitmen kuat untuk senantiasa memfasilitasi peningkatan kompetensi dan memberikan solusi serta ruang bagi disabilitas Kabupaten Badung. Salah satunya dengan memberikan pelatihan desain mode ini.

“Pelatihan desain mode ini merupakan program pelatihan yang dirancang untuk mempersiapkan peserta agar mampu dalam memahami dan meningkatkan keterampilan dasar yang dibutuhkan seorang desainer,” ujar Sudarsana.

Mantan Kadis LHK Badung ini berharap melalui pelatihan desain mode ini dapat mengembangkan bakat dan potensi bagi pada penyandang disabilitas yang telah memiliki kemampuan dasar yakni menjahit. Pelatihan ini diharapkan menjadi tambahan wawasan para penyandang disabilitas dalam memahami dan merealisasi rancangan busana agar dapat menjadi perancang busana yang profesional.

“Kami berharap akan terlahir desainer-desainer hebat. Meskipun mereka penyandang disabilitas, tetapi kami yakin mereka mampu bersaing di dalam produk-produk pasar yang ada saat ini,” harap Sudarsana. @ ind

Komentar