nusabali

Bupati Giri Prasta Sambangi Buleleng Serahkan Dana Hibah Rp 53,9 Miliar

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-sambangi-buleleng-serahkan-dana-hibah-rp-539-miliar

SINGARAJA, NusaBali - Roadshow pemberian dana hibah program Badung Angelus Buana dari Pemkab Badung berlanjut ke Bali Utara, Buleleng. Kabupaten berjuluk Gumi Panji Sakti ini menerima dana hibah sekitar Rp 53,9 miliar yang diserahkan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Gedung Mr I Gusti Ketut Pudja, eks Pelabuhan Buleleng, Rabu (1/11).

Kehadiran Bupati Giri Prasta bersama rombongan diterima dan disambut oleh ribuan masyarakat Buleleng dengan penampilan Tari Hanoman diiringi Tari Kecak dan kreasi seni Pencak Silat. Acara ini turut dihadiri oleh anggota DPR RI Ketut Kariyasa Adnyana, tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Buleleng I Putu Agus Suradnyana, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nyoman Sujendra.

Ada juga Kepala BPKAD Badung Ida Ayu Yanti Agustini, Plt Kepala Bapenda Kabupaten Badung Ni Putu Sukarini, Kabag Prokompim Badung Made Suardita, Kabag Kesra I Putu Sudika beserta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Badung, Lurah Kampung Bugis, Kelian Desa Adat se-Kabupaten Buleleng, serta tokoh masyarakat Komang Merta Jiwa.

Dengan pemberian dana hibah kepada masyarakat Buleleng, maka lengkap sudah penyerahan dana hibah Badung Angelus Buana dari Pemkab Badung kepada seluruh kabupaten/kota yang ada di Bali. Roadshow pemberian dana hibah dimulai dari Kabupaten Klungkung, Bangli, Badung, Gianyar, Karangasem, Denpasar, Tabanan, Jembrana, dan Buleleng.

Khusus untuk Kabupaten Buleleng, ada 235 penerima dana hibah yang tersebar di sembilan kecamatan dengan total jumlah bantuan sekitar Rp 53,9 miliar. Rinciannya, 4 penerima dengan jumlah bantuan Rp 377.660.000 di Kecamatan Seririt, 6 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 2.150.723.000 di Kecamatan Sawan, 12 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 6.682.413.400 di Kecamatan Kubutambahan, 20 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 3.387.700.700 di Kecamatan Busungbiu.

Selanjutnya, 20 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 2.633.750.000 di Kecamatan Sukasada, 33 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 19.167.720.908 di Kecamatan Tejakula, 34 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 3.872.414.500 di Kecamatan Buleleng, 36 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 9.409.694.434 di Kecamatan Banjar, dan 70 penerima dengan jumlah bantuan sebesar Rp 6.293.849.000 di Kecamatan Gerokgak.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengatakan penyerahan dana hibah merupakan bentuk komitmen dari program Badung Angelus Buana yang bermakna Badung Berbagi, dari Badung untuk Bali. Tujuan dari program ini tidak lain untuk meringankan beban masyarakat. “Ketika kita lakukan program dana hibah ataupun bansos, di sini akan muncul namanya pemerataan ekonomi. Di sini juga akan muncul pemerataan pembangunan dan ketika pemerataan pembangunan dan ekonomi ini muncul kami pastikan di wilayah kita di Pulau Dewata ini akan tercipta yang dimaksud dengan kesejahteraan yang berkeadilan,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta menambahkan, pembangunan di Kabupaten Badung mengedepankan enam prinsip dasar pembangunan Kabupaten Badung yakni pro growth, pro job, pro poor, pro culture, pro environment, dan pro law enforcement. “Maka kita sebagai umat beragama apapun, selama kita masih di NKRI wajib kita tegak lurus dengan regulasi, artinya Undang-Undang inilah yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuh Bupati Giri Prasta.

Setelah menyerahkan dana hibah, Bupati Giri Prasta berpesan kepada masyarakat penerima agar bantuan yang sudah diberikan betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Jangan sampai justru dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu saja.

Ketua Koordinator Program Angelus Buana di Kabupaten Buleleng Putu Supadma mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan pemerintah Kabupaten Badung atas penyaluran hibah yang sudah terealisasi ke masing-masing rekening penerima. Adapun 235 lembaga penerima dana hibah Pemkab Badung tersebut antara lain terdiri dari desa adat, dadia, paiketan, organisasi suka duka, hibah upakara serta ngaben massal.

“Saya mewakili para penerima hibah mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Badung. Serta berharap kepada Bapak Bupati dan pemerintah Kabupaten Badung untuk bisa terus melanjutkan program yang sangat luar biasa ini di tahun-tahun mendatang, agar pemerataan pembangunan di Bali bisa terwujud sesuai dengan cita-cita krama Bali,” harapnya. @ ind

Komentar