nusabali

Lomba Penulisan Naskah Film Cerita Rakyat Bali Sukses Angkat dan Lestarikan Warisan Budaya Bali

  • www.nusabali.com-lomba-penulisan-naskah-film-cerita-rakyat-bali-sukses-angkat-dan-lestarikan-warisan-budaya-bali

MANGUPURA, NusaBali.com - Festival dan Lomba Penulisan Naskah Film Cerita Rakyat Bali, Lenggang Bali Pertiwi 2023, telah menghasilkan talenta-talenta berbakat dari kelompok SMP, SMA dan masyarakat umum.

Festival ini diikuti oleh 132 karya naskah film cerita rakyat Bali dari seluruh Bali, yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu SMP, SMA/SMK/sederajat, dan Umum.

Salah satu juri Lomba Penulisan Naskah Film Cerita Rakyat Bali, Lenggang Bali Pertiwi 2023, Cassandra P Cameron, mengatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk mengangkat dan merayakan warisan budaya Bali melalui karya-karya film cerita rakyat.

"Kami berharap lomba ini dapat menginspirasi para sineas muda untuk membuat film cerita rakyat Bali yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas," kata Cassandra.

Selain Cassandara P Cameron, juri bereputasi lainnya yang dilibatkan dalam event ini antara lain I Gusti Made Aryadi, Yayu Yuliani, Anak Agung Ngurah Bagus Kesuma Yudha (Bli Gung Yudha), dan Samsul Hadi (Mas Nyonyo).


Hasil Lomba

Kategori SMP:
Juara 1: Tim Penulis (Ni Putu Ananda Prema Jyothi, Ni Luh Vita Pradnyan Dewi, Ngakan Ketut Adi Haryajna) dari SMP Negeri 2 Abiansemal dengan judul karya ‘Kesetiaan Terbalut Api’.

Juara 2: Panca Sundari Sastra (Ni Putu Ananda Prema Jyothi, Ni Luh Vita Pradnyan Dewi, Ngakan Ketut Adi Haryajna) dari SMP Negeri 2 Abiansemal dengan judul karya ‘Sang Hyang Dedari’.

Juara 3: BAC Kreatif (Ni Luh Made Ayu LangLang Kencana, Dewa Ayu Okin, Dewa Ayu Ningrum) dari SMP Negeri 1 Semarapura dengan judul karya ‘Gede & Dhea’.

Juara Harapan 1: JSTSM (Ni Luh Putu Dinda Ayu Lestari, Ni Kadek Sekar Padma Dewi, Ni Nyoman Sri Rahayu Warigalih, I Made Nanda Kesumajaya, Ni Putu Ayulia Putri) dari SMP Negeri 5 Kintamani dengan judul karya ‘Gamang’.

Kategori SMA:

Juara 1: SASBAMA 2 (Ni Wayan Mita Natasya, Ni Kadek Wina Andini, Ni Putu Puspawati) dari SMK ASKA Bali Mandala dengan judul karya ‘Misteri Hutan Belantara’.

Juara 2: SASBAMA 1 (Ni Putu Ananda Prema Jyothi, Ni Luh Vita Pradnyan Dewi, Ngakan Ketut Adi Haryajna) dari SMK ASKA Bali Mandala dengan judul karya ‘Pewarisan Aji Wegig’.

Juara 3: Tim Risma (Ni Made Yuni Indrayani, Ni Kadek Devina Sarita Dewi, Ni Putu Devita Riasti Semadi) dari SMP Negeri 2 Semarapura dengan judul karya ‘Tertutupnya Sang Pemimpin’.

Juara Harapan 1: B&Y Gold (Ni Luh Mas Juniantari, Ni Gusti Ayu Putu Sasta Ardianti Dewi, Ni Made Brigita Lintang Sulistyowati) dari SMA Negeri 1 Mendoyo dengan judul karya ‘My Dragon Tattoo’.

Kategori Umum:
Juara 1: Amolahcara Writers Room (I Kadek Prawira Nugraha & I Gusti Made Sepel) dengan judul karya ‘Nguripang Rasa’.

Juara 2: Amolahcara Writers Room (I Kadek Prawira Nugraha & Ni Made Dharma Adnyaswari) dengan judul karya ‘Tantri’

Juara 3: Ryujimint (Made Wahyunanda Prabhawati) dengan judul karya ‘Mirror’.

Juara Harapan 1: INSTIKI (Munawar Hasan) dengan judul karya ‘Leak’.

Komentar