nusabali

Kapal Pesiar Jumbo Sandar di Pelabuhan Benoa, Sejarah Baru bagi Bali

  • www.nusabali.com-kapal-pesiar-jumbo-sandar-di-pelabuhan-benoa-sejarah-baru-bagi-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Kapal pesiar mewah Celebrity Solstice berbendera Malta bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Senin (30/10/2023). Kapal tersebut membawa sebanyak 3.944 penumpang mancanegara termasuk kru.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut hangat oleh pemerintah dan pelaku pariwisata Bali. Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Jodi Mahardi mengatakan, kedatangan kapal pesiar ini merupakan langkah penting untuk menjadikan Pelabuhan Benoa sebagai markas kapal pesiar internasional.

"Ini adalah sejarah bagi kami melayani proses sandar kapal berukuran panjang lebih dari 300 meter di Pelabuhan Benoa," kata Jodi.

Kapal pesiar Celebrity Solstice memiliki panjang 317 meter dan lebar 37 meter. Kapal tersebut memiliki bobot mencapai 121.878 gross tonage (GT). Dengan ukurannya yang besar, kapal tersebut mampu menampung hingga 2.850 penumpang dan 1.168 kru.

Para penumpang kapal pesiar Celebrity Solstice merupakan wisatawan mancanegara dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Eropa. Mereka akan menghabiskan dua hari di Bali untuk berwisata.

Wisatawan mancanegara tersebut akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Bali, seperti Ubud, Kintamani, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Taman Ayun, dan Kintamani.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjokorda Bagus Pemayun mengatakan, kedatangan kapal pesiar ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Bali.

"Kami berharap ini memberi dampak positif karena belanja mereka tinggi, apalagi mereka ini tergolong wisatawan kaya sehingga harapannya ini membawa dampak luar biasa dan pelaku pariwisata harus cepat menangkap peluang ini," kata Tjokorda.

Menurut Tjokorda, pengeluaran atau belanja turis kapal pesiar tersebut diperkirakan melampaui belanja turis asing pada umumnya yang mencapai 1.200 dolar AS per kunjungan per orang per hari.

Sementara itu, Direktur Strategi BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Prasetyo menjelaskan pihaknya menyediakan jalur khusus atau gangway sepanjang 46 meter untuk mempermudah proses debarkasi dan embarkasi penumpang.

“Ini adalah sejarah bagi kami melayani proses sandar kapal berukuran panjang lebih dari 300 meter di Pelabuhan Benoa. Dermaga kami juga cukup panjang total 500 meter sehingga mampu melayani sandar kapal pesiar ukuran jumbo,” imbuhnya.

Setelah berwisata di Bali, kapal pesiar Celebrity Solstice akan melanjutkan perjalanan ke Singapura pada Selasa (31/10/2023). *ant

Komentar