nusabali

Bali dan Inggris Jajaki Kolaborasi Tangani Sampah dan Kendaraan Listrik

  • www.nusabali.com-bali-dan-inggris-jajaki-kolaborasi-tangani-sampah-dan-kendaraan-listrik

DENPASAR, NusaBali.com - Pemerintah Provinsi Bali menjalin kerja sama dengan Evigreen-Indo Energy Inggris untuk menangani sampah dan kendaraan listrik. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pelestarian lingkungan dan mewujudkan Bali Emisi Nol Bersih 2045.

Penjabat Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah sampah yang menjadi salah satu tantangan utama bagi Bali.

"Saya sudah memerintahkan jajaran dinas terkait untuk menindaklanjuti komunikasi dengan pihak Inggris agar masalah sampah segera mendapat solusi," kata Sang Made Mahendra, Selasa (24/10/2023).

CEO Evigreen Nick Ruber mengatakan pihaknya memiliki beberapa solusi efektif yang bisa diaplikasikan di Bali, baik untuk menangani masalah sampah maupun percepatan kendaraan listrik.

"Kami sudah terapkan di sejumlah negara seperti Turki, Albania, dan Portugal. Jadi saya kira ada banyak solusi untuk permasalahan di Bali, tinggal sekarang melihat seperti apa kebutuhan Pemerintah Bali," kata Nick Ruber.

Salah satu solusi yang ditawarkan Evigreen adalah teknologi pengolahan sampah organik menjadi biogas. Teknologi ini dapat menghasilkan energi listrik dan gas yang dapat digunakan untuk memasak.

Solusi lain yang ditawarkan adalah teknologi kendaraan listrik. Evigreen memiliki berbagai model kendaraan listrik yang cocok untuk kondisi di Bali, seperti bus, mobil, dan sepeda motor.

"Saya optimistis bisa mengatasi permasalahan di Bali, terutama mengenai sampah," kata Nick Ruber. *ant

Komentar