nusabali

Indonesia Diyakini Lolos dari Grup F

  • www.nusabali.com-indonesia-diyakini-lolos-dari-grup-f

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong disebutkan yakin timnya dapat lolos dari Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di grup itu, Indonesia akan menghadapi Irak, Vietnam, dan Filipina.

"Coach Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia bisa lolos," ujar asisten pelatih Nova Ariyanto. 

Skuad Garuda akan memulai perjuangannya di Grup F dengan menantang tuan rumah Irak di Basra International Stadium, Basra, pada 16 November 2023. Lima hari berselang, Indonesia bertandang ke Rizal Memorial Stadium, Manila, untuk menghadapi Filipina.

Hanya juara dan runner-up Grup A-I dengan total 18 negara yang berhak ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia baru akan bermain di kandang tahun depan saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024.

Indonesia lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 berkat mengalahkan Timnas Brunei Darussalam dengan agregat 12-0. Menurut Nova, para pemain akan berkumpul pada Minggu (12/11) malam. 

“Lalu pada Rabu (13/11) pagi, berangkat ke Irak. Kalau untuk para pemain abroad Timnas Indonesia, langsung berkumpul dengan Timnas Indonesia di Irak," ucap Nova.

Sementara itu, Tim Indonesia dinimai memiliki pelatih yang adaptif pada diri Shin Tae-yong . Dia kerap memakai formasi atau menggunakan skema tergantung lawan yang dihadapi Indonesia.

Saat lawan Brunei, Shin tampak ingin menambah daftar rencana cadangan. Satu di antaranya memasang Sandy Walsh di posisi baru sebagai gelandang.

Selain itu, Indonesia mengalami peningkatan kekuatan mental yang baik dalam beberapa tahun terakhir. Namun, terkadang beberapa pemain Tim Merah Putih masih belum bisa menjaga diri. Level emosi harus tetap dijaga pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasanya, Indonesia akan menghadapi Vietnam, yang dikenal dengan reputasi pandai memancing emosi lawan dengan tindakan kasar. *

Komentar