nusabali

Tim Para-Catur Siap Pertahankan Juara

  • www.nusabali.com-tim-para-catur-siap-pertahankan-juara

JAKARTA, NusaBali - Skuad para-catur Indonesia siap mempertahankan gelar juara umum pada Asian Para Games (AiPG) 2022 Hangzhou, China. Berkekuatan 18 atlet, para-catur Indonesia ditargetkan membawa pulang lima medali emas, tiga perak dan dua medali perunggu.

Berkaca pada Asian Para Games Jakarta 2018, Indonesia menjadi juara umum cabor para-catur dengan 22 medali. Rinciannya 11 emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Salah satu punggawa para-catur Indonesia, Wilma Margaretha Sinaga berharap dapat mengulangi pencapaian itu.

"Kami berharap kalau bisa targetnya tetap juara umum. Kalau tingkat Asia saat Asian Para Games 2018 di Indonesia, kami berhasil juara umum. Nah untuk kali ini, mudah-mudahan bisa juara umum lagi walau kita tidak menjadi tuan rumah supaya kita tidak disebut jago kandang," kata Wilma usai latihan di Hangzhou Qi-Yuan Chess Hall, Hangzhou, China, Jumat (20/10).

Torehan bagus juga dicatatkan pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja pada Juni lalu. Indonesia menjadi juara umum para-catur dengan catatan 15 medali emas, 17 medali perak dan 8 medali perunggu. Sementara pelatih para-catur, Tedy Wiharto, melihat kini banyak tantangan yang dihadapi Indonesia.

Di antaranya tentang peta kekuatan yang masih belum diketahui. Sebab, banyak negara peserta baru. Terlebih pada tahun ini, tuan rumah, China juga mengirimkan atlet terbaik pada gelaran AiPG Hangzhou 2022.

"Kalau untuk tuna daksa pesaing datang dari India dan Filipina. Kemungkinan besar ini ada dari negara Iran, China, kemudian pecahan Uni Soviet yang punya tradisi catur bagus," terang Tedy. k22

Komentar