nusabali

STIMI Handayani Denpasar Gelar Seminar Prosiding Nasional Hasil Penelitian, Sorot Tantangan Era VUCA

  • www.nusabali.com-stimi-handayani-denpasar-gelar-seminar-prosiding-nasional-hasil-penelitian-sorot-tantangan-era-vuca

DENPASAR, NusaBali.com - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIMI) Handayani Denpasar menggelar Seminar Prosiding Nasional Hasil Penelitian yang mengambil tema ‘Optimalisasi Peranan Ilmu Manajemen dalam Menghadapi Era VUCA’.

Seminar pada Jumat (20/10/2023) ini diikuti oleh 7 orang penulis dari luar kampus STIMI Handayani Denpasar, serta narasumber dari Universitas Udayana, AKABA, dan Undiknas.

Ketua Yayasan Pendidikan Handayani Denpasar Dr Ida Bagus Radendra Suastama SH MHum mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran ilmu manajemen dalam menghadapi era VUCA  (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguty) yang penuh dengan ketidakpastian, kompleksitas, kebingungan, dan ambiguitas.  sehingga ilmu manajemen harus bisa mengambil peran dan kemampuannya, untuk bisa menjadi ‘solving the problems’.
 
“Kita ingin relevansi ilmu manajemen sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, ahlinya ilmu manajemen, katakanlah begitu, maka kita harus selalu mendiseminasikan gagasan-gagasan yang logis, sehingga kita bisa betul-betul menunjukkan, bahwa kampus adalah pusat tempat orang berpikir, tempat orang melakukan riset yang menghasilkan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua STIMI Handayani Denpasar Prof Ida Bagus Gede Udiyana SE MSi Ak mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini sangat penting untuk segera terap ditindaklanjuti malahan kalau bisa itu mengikat menjadi jurnal Prosiding Internasional. Itu tahapan-tahapan yang harus dilakukan,” terangnya.

Perwakilan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII Luh Gede Wisnawini SE MM mengatakan bahwa ilmu manajemen merupakan kunci dalam menghadapi era VUCA.

“Dengan meningkatkan SDM kita di dalam era ketidakpastian ini kita bisa menelorkan mahasiswa-mahasiswa yang tangguh nantinya didalam dunia mencari kerja,” pungkasnya.

Seminar Prosiding Nasional Hasil Penelitian STIMI Handayani Denpasar diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen di Indonesia, khususnya dalam menghadapi era VUCA.

Komentar