nusabali

Plt Rektor Unud Lepas 1.773 Wisudawan

  • www.nusabali.com-plt-rektor-unud-lepas-1773-wisudawan

MANGUPURA, NusaBali - Universitas Udayana (Unud) melepas 1.773 wisudawan pada Wisuda ke-156, Sabtu (14/10) bertempat di Gedung Auditorium, Kampus Bukit, Jimbaran. Wisuda kali ini dipimpin Plt Rektor Universitas Udayana Prof Ir Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D.

Dari 1.773 orang wisudawan berasal dari program Diploma, Profesi, Sarjana, Spesialis, Magister dan Doktor. Dari Fakultas Ilmu Budaya tercatat 209 orang wisudawan, Fakultas Kedokteran sebanyak 249 wisudawan, Fakultas Peternakan sebanyak 36 wisudawan, Fakultas Hukum sebanyak 118 wisudawan.

Fakultas Teknik sebanyak 286 wisudawan, Fakultas Pertanian sebanyak 108 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 266 wisudawan, Fakultas MIPA sebanyak 171 wisudawan, Fakultas Kedokteran Hewan sebanyak 19 wisudawan, Fakultas Teknologi Pertanian sebanyak 52 wisudawan, Fakultas Pariwisata sebanyak 104 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 94 wisudawan, Fakultas Kelautan dan Perikanan sebanyak 30  wisudawan dan  Program Pascasarjana sebanyak  31 wisudawan.

Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cumlaude sebanyak 756 orang. Dari awal berdirinya Universitas Udayana sampai pada wisuda ke 156 ini, Unud telah memiliki alumni sebanyak 119.413 orang.

Foto: Rektor Universitas Udayana Prof Ir Ngakan Putu Gede Suardana. -IST

Plt Rektor Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D. mengatakan, wisuda merupakan wujud peresmian bahwa mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Universitas Udayana kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global ini.

“Pada periode kali ini merupakan  pelepasan terbanyak. Bahkan kita berharap berapa mahasiswa yang masuk, maka segitu mahasiswa yang dilepas dalam 4 tahun ini. Karena itulah kinerja yang paling bagus, meski belum sampai 100%, tapi kita selalu melakukan usaha–usaha karena hal itulah merupakan target kinerja kita,” ujar Plt. Rektor.

Wisudawan yang jumlahnya cukup besar ini diharapkan tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi juga menciptakan lapangan kerja. Melalui kurikulum MBKM dan program kewirausahaan yang dimiliki, Unud telah siap menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Kepada para lulusan diharapkan dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Universitas Udayana dalam satu wadah resmi, yakni Ikatan Alumni Universitas Udayana atau IKAYANA dan turut berpartisipasi mengisi instrumen kuisioner online dalam pelaksanaan tracer study yang memiliki peran penting dalam upaya perbaikan dan pengembangan kualitas pendidikan di Universitas Udayana.

Kepada seluruh wisudawan, Plt. Rektor berpesan bahwa wisuda dan gelar bukanlah akhir dari segalanya namun merupakan awal dari tantangan baru dalam hidup. Oleh karena itu, para alumni nantinya ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, berkata, dan berbuat yang baik serta dapat mengamalkan ilmu dalam profesi mereka masing-masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas. 7

Komentar