nusabali

Karangasem Sumbang 2 Emas untuk Bali di UDG Nasional

  • www.nusabali.com-karangasem-sumbang-2-emas-untuk-bali-di-udg-nasional

Dua wakil Karangasem berhasil menyumbangkan dua medali emas bagi kontingen Bali di ajang Utsawa Dharma GIta (UDG) Nasional XIII di Palembang, Sumatera Selatan. 

AMLAPURA, NusaBali
Dua emas diraih dari nomor membaca sloka dewasa putra dan membaca palawakya remaja putra.kadis Kebudayaan Karangasem I Putu Arnawa didampingi Kabid Kesenian I Wayan Witrawan setiba di Amlapura, menuturkan, dua emas tersebut direbut pasangan Ida Wayan Wahyu Pramana Sogatha dan I Gede Sire di nomor membaca sloka dewasa putra, dan pasangan I Ketut Seriaba-I Komang Sapa di nomor membaca palawakya remaja putra.

Selain menyabet dua medali emas, wakil dari Karangasem juga menyumbangkan dua medali perak dan tiga medali perunggu. 

“Itu artinya, dari tujuh nomor yang diikuti wakil Karangasem, semuanya mencatat prestasi,” kata Putu Arnawa di Amlapura, Senin (10/7).

Prestasi itu masih lebih baik dibandingkan saat UDG Nasional Jakarta 2014, yang meraih satu medali emas melalui Ida Kumarayana-I Nyoman Murdana di nomor membaca sloka berpasangan putra.

Putu Arnawa berupaya ke depan agar terus tumbuh regenerasi baru, untuk melanjutkan prestasi itu. Apalagi di setiap nomor lomba telah memiliki pembina secara khusus. 

Putu Arnawa bertekat, ke depan wakil Karangasem bisa meraih emas di setiap nomor yang diikuti. Misalnya di nomor menghafal sloka anak-anak yang meraih medali perak atas nama Ni Kadek Rosviyani, dan medali perak melalui I Wayan Bagus Purnama Sidi di nomor dharma wacana bahasa Inggris remaja putra. Ke depan dioptimalkan kemampuannya agar bisa menyumbang medali emas.

Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengapresiasi prestasi wakil Karangasem di tingkat nasional. “Jangan hanya mengandalkan nomor membaca sloka dan membaca palawakya, bila perlu ditingkatkan dari nomor lain. Karangasem kan sumbernya belajar nyastra,” ujarnya.

Sekadar catatan, di UDG Nasional Denpasar 2010 wakil Karangasem menyumbangkan dua emas, atas nama, Ida Ayu Wayan Virgo Laksmi nomor menghafal sloka dewasa putri, dan pasangan Ni Nyoman Darsani-Ni Putu Novi Arianti nomor membaca palawakya berpasangan dewasa putri.

Sedangkan di UDG Nasional Denpasar 2011 meraih satu emas, di nomor palawakya berpasangan dewasa putri, melalui Ni Nyoman Darsani (pangwacen) dan Ni Putu Novi Arianti (pangartos). UDG Nasional Jakarta 2014 meraih satu emas melalui Ida Kumarayana-I Nyoman Murdana di nomor membaca sloka berpasangan putra. *k16

Komentar