nusabali

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat, Politeknik Negeri Bali Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Adat Intaran, Sanur Kauh

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kualitas-pelayanan-kepada-masyarakat-politeknik-negeri-bali-gelar-pengabdian-masyarakat-di-desa-adat-intaran-sanur-kauh

DENPASAR, NusaBali.com – Politeknik Negeri Bali (PNB), melalui Prodi Administrasi Bisnis melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat pada BUPDA Intaran di Desa Adat Intaran, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Bali.

Menurut Ketua Program Studi Administrasi Bisnis, I Made Widiantara, S.Psi.,M.Si., Program Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester, yang merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara, Ketua Tim Pengabdian kepada masyarakat, Drs. I Ketut Pasek, MAB., menerangkan jika pihaknya telah melakukan koordinasi intensif untuk program pengabdian kepada masyarakat di Desa Adat Intaran, Sanur Kauh, Denpasar.

Sebagai Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Rifqi Nur Fakhrurozi menerangkan gelaran yang dilaksanakan di Desa Adat Intaran itu dilakukan lantaran melihat pentingnya peningkatan pelayanan BUPDA Desa Adat Intaran untuk terus dimaksimalkan.

“Masyarakat Desa Adat Intaran sangat ingin meningkatkan kinerja organisasi, mengingat jumlah unit bisnis nanti akan terus bertambah. Unit Bisnis yang ada saat ini yaitu produksi, distribusi dan jasa. Bupda Intaran harus terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis, kompleksitas tuntutan pelayanan, dan perkembangan teknologi untuk tetap relevan dan efektif dalam memberikan layanan terbaik,” terang Rifqi.


Lebih lanjut Rifqi menerangkan, dalam kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Dosen Prodi Administrasi Bisnis, diantaranya Dr. Gede Santanu, SE. MM yang memberikan materi tentang kepemimpinan, I Wayan Sukarta, SE.,M.Agb yang menjelaskan soal pengelolaan arsip, dan I Made Widiantara, S.Psi.,M.Si yang menjelaskan tentang pelayanan pelanggan.

Ia menilai, proses administrasi yang lancar dan terstruktur memungkinkan Bupda Intaran untuk mengelola informasi, data, dan sumber daya secara efektif. Selain itu, masyarakat desa Intaran diberdayakan dengan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan dan administrasi, yang dapat digunakan untuk mengelola unit usaha dan memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Sabtu (30/9/2023), berupa pendampingan dan edukasi bertema ‘Pelatihan Kepemimpinan, Pengelolaan Arsip, dan Layanan Pelanggan Pada BUPDA Intaran di Desa Adat Intaran, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Bali’. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dibuka langsung oleh Bendera Adat Intaran, I Gusti Agung Alit Kencana, SE.

Dalam sambutannya, I Gusti Agung Alit Kencana mengucapkan rasa terima kasih atas program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Adat Intaran. Karena, selain kegiatan pelatihan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, pihak panitia pun juga menyumbangkan tulisan penanda area ‘Selamat Datang di Desa Adat Intaran’ yang dipasang di Jalan Danau Buyan, sebelah Pura Bale Agung Intaran Sanur.

“Desa Adat Intaran memerlukan plang tulisan nama desa sebagai penanda area perbatasan dan masuk wilayah Desa Adat Intaran, sehingga bagi masyarakat yang akan melintasi akan mengetahui dimana Desa Adat Intaran berada,” terangnya.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Bupda Intaran A.A Ketut Gede Aryateja, ST., juga menyampaikan terimakasih telah melaksanakan kegiatan pengabdian di BUPDA Intaran.  

“Dari kegiatan yang dilakukan diharapkan bisa meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan sistem administrasi serta pelayanan di Desa Adat Intaran. Sehingga ke depan BUPDA Intaran dapat mengoptimalkan pelayanan prima dan berkontribusi positif dalam pembangunan dan perekonomian desa adat khususnya dan masyarakat secara keseluruhan,” ungkapnya saat sambutan. *ris

Komentar