nusabali

Vega Pratama Sapu Bersih IATC di Motegi

  • www.nusabali.com-vega-pratama-sapu-bersih-iatc-di-motegi

MOTEGI, NusaBali - Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama menyapu bersih podium tertinggi pada dua race di putaran kedua Idemitsu Asia Talent Cup 2023 (IATC 2023), di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Dia sekaligus mencetak sejarah untuk seri kali ini.

Ya, Veda menjadi rider non-Jepang pertama yang meraih kemenangan di Sirkuit Twin Ring Motegi dalam ajang IATC sejak 2017. Kepiawaian lulusan Astra Honda Racing School memacu NSF250R bersaing dengan wakil tuan rumah membuahkan hasil positif pada kedua race.

Pada race pertama yang digelar Sabtu 30 September 2023, Veda yang start dari posisi enam, langsung merangsak masuk ke grup terdepan. Bersaing ketat bersama pebalap tuan rumah, dia tetap bertahan dan berhasil melakukan overtake serta menjaga jarak hingga finis terdepan.

Pada race kedua yang digelar Minggu (1/10), Veda mampu terus menunjukkan konsistensi dominasinya sepanjang balapan. Mendekati garis finis pembalap berusia 14 tahun itu membuat jarak yang cukup jauh dengan rivalnya dan memenangi balapan sepanjang 13 putaran.

Melalui raihan ini Veda menduduki posisi pertama klasemen pembalap sementara dengan 95 poin. Usai balapan, ia mengaku bersyukur dan merasa lega dengan kemenangan tersebut.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih podium tertinggi di kedua race ATC akhir pekan ini. Sejak awal race saya berusaha tenang dan menunggu momentum untuk maju ke depan hingga akhirnya bisa menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis," kata Vega dalam rilis resmi, Minggu (1/10).

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan, prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan ketekunan pebalap binaan AHM beserta seluruh tim. Konsistensi dukungan AHM dengan semangat Satu Hati bagi generasi penerus bangsa menghasilkan capaian positif.

IATC merupakan ajang balap bergengsi yang digagas Dorna Sports selaku penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari para pembalap muda berbakat dari Asia. Seri IATC 2023 selanjutnya digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 13-15 Oktober 2023. *

Komentar