nusabali

Veda Ega Pratama Pastikan Juara Asia Talent Cup 2023

  • www.nusabali.com-veda-ega-pratama-pastikan-juara-asia-talent-cup-2023

JAKARTA, NusaBali - Pembalap motor muda Indonesia Veda Ega Pratama memastikan gelar juara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2023, usai meraih kemenangan ketujuh di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Minggu (12/11).

Dikutip dari keterangan resmi IATC, Veda terus mempertahankan dominasinya atas dua pembalap Jepang Zen Mitani dan Ryota Ogiwara, yang melengkapi podium Race 2 Malaysia musim ini. Kemenangan itu menyempurnakan tren positif yang Veda bukukan sejak putaran perdana yang sama-sama digelar di Malaysia.

Tambahan 25 poin dari Race 2 di Sepang membuat Veda meraih 206 poin. Veda unggul 69 poin atas Amon Odaki (Jepang) di posisi kedua, dan unggul 74 poin atas Jakkreephat Phuettisan (Thailand).

Dalam satu putaran tersisa di Qatar pekan depan, dengan dua balapan lagi serta maksimal 50 poin untuk diperebutkan, posisi Veda dipastikan tidak akan bergeser dari peringkat pertama. Kemenangan Veda itu juga menjadikannya sebagai pembalap Indonesia pertama yang merebut gelar juara Idemitsu Asia Talent Cup.

Sejak diperkenalkan pada 2014, beberapa pembalap Indonesia mengikuti ajang balap junior ini. Tercatat beberapa nama seperti Andi Gilang, Gerry Salim, Mario Suryo Aji, hingga almarhum Afridza Munandar pernah menjajal ajang ATC ini. 

Namun gelar juara itu akhirnya pecah setelah penantian hampir satu dekade lamanya atas nama Veda. Selain itu, rekor tujuh kemenangan Veda sekaligus menyamai rekor Taiyo Furusato yang dibukukan pada tahun 2021. ant

Komentar