nusabali

Gianyar Launching PAUD Hindu

  • www.nusabali.com-gianyar-launching-paud-hindu

Menjadi pintar memang penting, tapi jika tidak diimbangi dengan akhlak yang baik akan menghasilkan generasi yang arogan. 

GIANYAR, NusaBali
Seorang anak sejak kecil harus dibekali pendidikan agama, budi pekerti maupun etika sehingga kelak menjadi manusia tangguh. 

Hal itu ditegaskan Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata saat Launching Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis Hindu di Sekolah TK Hindu Tunas Wangi, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (8/7).

Bupati Agung Bharata menegaskan dengan adanya PAUD  berbasis Hindu akan memudahkan anak-anak untuk memahami kepercayaaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Hindu pada jenjang pendidikan lebih tinggi. Saat ini Kabupaten Gianyar baru memiliki tiga PAUD Hindu, kedepannya akan dibentuk lagi di tiap-tiap kecamatan. “Bagaimana anak-anak bisa mengucapkan salam, sembahyang, ataupun belajar adat dan istiadat, itu semua nanti akan diajarkan di PAUD. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan mereka dan diajarkan dengan cara yang dipahami oleh anak seusia mereka,” tegas Bupati Agung Bharata.

Hal sama ditegaskan Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra. Menurutnya lewat PAUD anak-anak nantinya akan dikenalkan dengan pendidikan dasar tentang Hindu, adat dan budaya yang berkembang di Bali. Menurut Wabup Mahayastra, penanaman budi pekerti anak melalui PAUD Hindu ini memang tidak bisa dinikmati saat ini, namun beberapa tahun kedepan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gianyar Drs Made Suradnya menjelaskan saat ini di Kabupaten Gianyar baru terdapat 3 PAUD berbasiskan Hindu yaitu PAUD/TK Hindu Negeri Tunas Wangi, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, TK Hindu Negeri Desa Batuan, Sukawati dan TK Hindu Negeri Desa Bukian, Payangan.

Sasaran PAUD Hindu anak 0 –3 tahun untuk PAUD non formal,  anak usia 4 – 6 tahun untuk PAUD formal atau taman kanak-kanak, tenaga pendidik, dan bagi orang tua dan masyarakat. PAUD Hindu ini diharapkan mampu mengimplementasikan pendidikan kepercayaan berbasis Hindu di Gianyar.

Pada kesempatan itu ditandatangani MoU antara Bunda PAUD Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra dengan Yayasan Rotary Denpasar dan Yayasan Green Lion, dalam upaya pengembangan PAUD di Kabupaten Gianyar.  Launching PAUD Berbasis Hindu ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Komisi IX DPR RI I Wayan Koster didampingi oleh Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata, Wapub Made Mahayastra, Bunda PAUD Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra.

PAUD Hindu mendapatkan bantuan dari Pemkab Gianyar berupa alat permainan edukasi (APE) indoor, APE out door, APE tradisional, SK Pendirian PAUD Hindu, perangkat PAUD dan pakaian adat untuk siswa dan guru PAUD.*lsa

Komentar