nusabali

Tatap Muka Perdana, Pj Bupati Gianyar Paparkan Lima Fokus Tugas

  • www.nusabali.com-tatap-muka-perdana-pj-bupati-gianyar-paparkan-lima-fokus-tugas

GIANYAR, NusaBali - Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa bertatap muka dengan seluruh pegawai Pemkab Gianyar saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Gianyar, Minggu (1/10).

Di hari kesepuluh setelah dilantik sebagai Pj Bupati, Dewa Tagel memaparkan lima fokus tugasnya. Di antaranya penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, stabilitas inflasi, stabilitas politik, dan netralitas ASN. 

Lima tugas ini berdasarkan kebijakan nasional yang menargetkan kemiskinan ekstrem di angka 0% dan angka stunting 14% di tahun 2024. Dewa Tagel instruksikan jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar ikut menyukseskan target tersebut. “Ini sesuai arahan bapak presiden kepada seluruh penjabat kepala daerah bahwa pemerintah pusat menargetkan kemiskinan ekstrem di angka 0 persen di tahun 2024 dan stunting di angka 14 persen,” ujarnya saat memberikan arahan di akhir upacara.

Dewa Tagel juga menyebutkan beberapa tugas yang diberikan kepadanya selaku Penjabat Bupati Gianyar antara lain pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Gianyar yang disebutkan pemerintah pusat mencapai angka 1,38% dan ini secara kuantitatif jumlahnya sangat besar. Dewa Tagel bersama jajaran Pemkab Gianyar mengambil langkah cepat dengan turun langsung memverifikasi dan memvalidasi data tersebut sehingga dicapai sebuah angka yang bisa ditetapkan berdasarkan musyawarah desa yang menjadi satu dasar menetapkan angka data kemiskinan ekstrem yang menjadi target fokus penyelesaian jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

“Terkait angka stunting, walaupun masih jauh di bawah rata-rata nasional dan provinsi, tingkat stunting di Kabupaten Gianyar menunjukkan tren peningkatan, kita waspadai bersama,” jelas Dewa Tagel.

Selain mengatasi kemiskinan ektrem dan stunting, Dewa Tagel juga menginstruksikan agar semuanya ikut menjaga inflasi dan stabilitas harga, walaupun objek pengukuran inflasi di Provinsi Bali dilaksanakan di Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar. “Walaupun Gianyar tidak menjadi sasaran penilaian inflasi oleh statistik, namun demikian kita tetap berkewajiban untuk memantau dan menjaga," kata Dewa Tagel.

Terpenting dalam rangka menjaga keamanan dan kestabilan politik menjelang pemilihan presiden dan pilkada serentak tahun 2024, Dewa Tagel mengimbau ASN tidak ikut berpolitik praktis. “Melalui kesempatan ini saya sampaikan, ini menjadi perhatian kita semua. Bagi seluruh ASN untuk menjaga netralitas,” tegas Dewa Tagel. 7 nvi

Komentar