nusabali

Jalan Dewi Sri Ditinggikan pada Beberapa Titik

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan

  • www.nusabali.com-jalan-dewi-sri-ditinggikan-pada-beberapa-titik
  • www.nusabali.com-jalan-dewi-sri-ditinggikan-pada-beberapa-titik

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung memulai menata Jalan Dewi Sri, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Badung. Selama penataan berlangsung, petugas Linmas dikerahkan untuk melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Pasalnya, ruas jalan tersebut hanya diberlakukan satu jalur.

Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan proses penataan Jalan Dewi Sri itu sudah dimulai sejak Sabtu (23/9) siang. Alat berat juga dikerahkan untuk memadatkan kontur tanah. "Kita sudah memasuki tahap perataan tanah. Nantinya, tanah itu ditinggikan di beberapa titik dan disesuaikan dengan lokasi yang kerap menyebabkan banjir," katanya, Minggu (24/9).

"Ada beberapa tempat yang ada di Jalan Dewi Sri itu dekat dengan sungai dan sekarang jalanan kami buat sejajar dengan sungai. Dengan begitu diharapkan tidak lagi ada banjir atau genangan akibat hujan ke depannya," kata Surya Suamba.

Disinggung soal waktu pengerjaannya, birokrat asal Tabanan ini melanjutkan jika penataan Jalan Dewi Sri dengan meninggikan jalan beberapa titik yang dianggap rawan banjir akan dikerjakan sampai akhir November 2023, sehingga saat musim penghujan tiba, ruas Jalan Dewi Sri itu sudah sepenuhnya dikerjakan.

Dia tidak memungkiri dalam kurun waktu selama dua bulan, arus lalu lintas di sana terganggu. Maka dari itu, pihaknya juga mengerahkan tim penjaga di sekitar lokasip dan berkoordinasi dengan Linmas Kelurahan Legian. "Selama pengerjaan, ada tim dan Linmas yang bersama melakukan pengawasan. Utamanya dalam mengawasi sistem buka tutup jalur," bebernya.

Selain meninggikan jalan, pihaknya juga memperbaiki drainase dan trotoar, serta pemasangan utilitas. Dengan rampungnya pengerjaan itu nanti, Surya Suamba memastikan tidak akan ada lagi genangan atau banjir seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya.

"Semuanya kita perbaiki, ketika hujan air langsung mengalir ke drainase. Tidak ada lagi genangan seperti dahulu," tegasnya. 7  dar

Komentar