nusabali

Sasar Milenial, Bawaslu Gianyar Patroli Kawal Hak Pilih

  • www.nusabali.com-sasar-milenial-bawaslu-gianyar-patroli-kawal-hak-pilih

GIANYAR, NusaBali - Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Gianyar melakukan sosialisasi sekaligus melakukan ‘Patroli Kawal Hak Pilih’ kepada pemilih pemula yang juga merupakan milenial di SMKN 1 Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Jumat (22/9).

Hadir Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Gede Sutirta didampingi rekannya, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti serta jajaran Panwas Kecamatan (Panwascam) Ubud. “Peran milenial dalam pemilu saat ini sangat penting. Hasil dari pemilu sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat di segala bidang. Dari masalah pendidikan sampai dengan mencari pekerjaan. Jadi kita tidak boleh abai dan harus turut mengawasi jalannya pemilu,” ungkap Sutirta.

Lebih lanjut, Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti menyampaikan bahwa tujuan dari kehadiran Bawaslu Gianyar adalah untuk menguatkan pemahaman tentang kepemiluan kepada para siswa. Kata dia, para siswa dapat melakukan pengawasan dari hal terkecil terhadap diri sendiri dalam hajatan Pemilu 2024. “Adik-adik dapat turut serta terlibat, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan terhadap diri sendiri apakah sudah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) atau belum,” ujar Reika. 

Dalam kegiatan kemarin, Bawaslu Gianyar bersama Panwascam Ubud langsung memandu para siswa SMKN 1 Mas, Ubud  untuk melakukan pengecekan data diri pada aplikasi Cek DPT Online. Tujuannya untuk memastikan apakah sudah masuk dalam DPT atau belum.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Kecamatan Ubud, I Kadek Diva Hari Sutara menjelaskan bahwa pelaksanaan pemilu harus dilakukan berdasarkan asas Luber Jurdil. Oleh karena itu Bawaslu membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk memastikan hal tersebut. “Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau disingkat Luber Jurdil. Kehadiran Bawaslu adalah untuk memastikan bahwa pemilu dilaksanakan berdasarkan asas tersebut,” jelas Diva.n nvi 

Komentar