nusabali

PDIP Bahas Sikap Terhadap Pemerintahan Prabowo-Gibran dalam Rakernas V

  • www.nusabali.com-pdip-bahas-sikap-terhadap-pemerintahan-prabowo-gibran-dalam-rakernas-v

JAKARTA, NusaBali.com - PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Salah satu agenda penting yang akan dibahas adalah sikap dan posisi partai terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menjelaskan bahwa Rakernas akan terdiri dari forum terbuka dan tertutup. Pembukaan Rakernas akan bersifat terbuka untuk umum.

"Dalam Rakernas itu nanti ada beberapa forum yang akan dilakukan, baik itu paparan dari Ketua DPP, maupun pengarahan tertutup dari Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Djarot saat konferensi pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Djarot, yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi, menyebutkan bahwa Rakernas V akan membahas tiga topik utama yang dibagi ke dalam beberapa klaster.

Pada klaster pertama, forum Rakernas akan membahas soal sikap dan posisi partai terhadap pemerintahan mendatang. "Pertama, akan ada klaster atau kelompok satu yang akan membahas tentang sikap dan posisi PDI Perjuangan," ujarnya.

Klaster kedua akan membahas program-program kerakyatan yang diperjuangkan oleh partai dan bagaimana implementasinya, termasuk yang berkaitan dengan pangan.

Selanjutnya, klaster ketiga akan fokus pada persiapan Pilkada serentak. Seluruh peserta Rakernas yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD-DPP, Kepala Daerah dari PDIP, serta Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota incumbent dan terpilih 2024 akan membahas calon serta strategi PDI Perjuangan dalam pemenangan Pilkada 2024.

"Ketiga, strategi pemenangan Pilkada serentak termasuk juga konsolidasinya, ini semua sifatnya tertutup," jelas Djarot.

Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan bahwa seluruh pembahasan dalam Rakernas V akan disampaikan dalam bentuk rekomendasi pada hari terakhir, yakni 26 Mei 2024. "Nanti hari Minggu, di acara penutupan itu, akan disampaikan rekomendasi dari Rakernas yang sifatnya eksternal kepada media," pungkasnya.

Rakernas V PDI Perjuangan kali ini mengambil tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dengan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya."*ant

Komentar