nusabali

Bawaslu Buleleng Buka Pendaftaran Panwascam di Dua Kecamatan

  • www.nusabali.com-bawaslu-buleleng-buka-pendaftaran-panwascam-di-dua-kecamatan

SINGARAJA, NusaBali - Bawaslu Kabupaten Buleleng membuka pendaftaran baru untuk mengisi kekurangan posisi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada Buleleng 2024 di dua kecamatan.

Perekrutan baru Panwascam ini hanya untuk menutupi posisi dua anggota Panwascam di Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Kubutambahan.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Buleleng, Gede Ganesha Jumat (10/5) kemarin mengatakan, dalam perekrutan Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu menerapkan dua pola perekrutan. Pertama pola eksisting yang disiapkan untuk Panwascam lama dan pola perekrutan baru untuk pengisian posisi yang masih kosong.

Ganesha menyebut sejauh ini dari total 27 orang Panwascam di 9 Kecamatan sudah terisi oleh 25 orang pelamar eksisting. Mereka pun sudah menjalani proses seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan dua posisi Panwascam yang masih kosong, karena petugas sebelumnya tidak mendaftarkan diri kembali.

“Untuk perekrutan baru kami buka untuk kekosongan 1 posisi di Panwascam Buleleng dan 1 posisi di Kecamatan Kubutambahan. Kami buka pendaftaran sampai besok (11/5). Kemudian tanggal 12 Mei untuk dilanjutkan tes tulis dan wawancara,” ucap Ganesha.

Sejauh ini sudah ada 3 pelamar yang mendaftar untuk Panwascam Kecamatan Buleleng. Bawaslu Buleleng masih menunggu pendaftar di Kecamatan Kubutambahan. Targetnya calon Panwascam di sembilan kecamatan akan diumumkan dilantik pada akhir Mei mendatang.

Sementara itu dalam perekrutan baru maupun eksisting disebut Ganesha tetap memperhatikan 30 persen kuota perempuan. Hanya saja dalam tahap seleksi, seluruh keputusan penetapan berdasarkan atas hasil seleksi. Sedangkan proses penentuan ketua maupun anggota Panwascam akan dilakukan setelah pelantikan melalui pleno di masing-masing kecamatan.7 k23

Komentar