nusabali

Senator DPD RI Bali Lakukan Pertemuan Strategis dengan KPU dan Bawaslu

  • www.nusabali.com-senator-dpd-ri-bali-lakukan-pertemuan-strategis-dengan-kpu-dan-bawaslu

DENPASAR, NusaBali.com - Dalam rangka memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Provinsi Bali berjalan dengan baik, Senator DPD RI Perwakilan Bali, Gede Ngurah Ambara Putra, melakukan pertemuan strategis dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali.

Pertemuan tersebut menjadi wadah untuk membahas berbagai inisiatif dan upaya yang dapat meningkatkan kualitas serta keberlanjutan demokrasi di Bali.

Pada pertemuan dengan KPU Bali, Selasa (23/4/2024), Ngurah Ambara bersama dengan Dewa Agung Lidartawan, Ketua KPU Bali, mengangkat isu penting mengenai perlunya implementasi konsep green election atau Pilkada Hijau. Mereka berkomitmen untuk meminimalisir penggunaan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak ramah lingkungan, sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan. 

"Semua yang menyangkut persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak di Bali sudah selesai. Kami juga menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada Pileg kemarin untuk langkah antisipasi ke depan. Juga kami sampaikan beberapa usulan terkait green election (Pilkada Hijau, red) dan asuransi untuk ketenangan kami dalam bekerja," ditemui awak media sesudah pertemuan.

Terkait perlindungan asuransi bagi petugas KPU, Ngurah Ambara pun memberikan dukungannya mengingat beratnya pekerjaan yang dilakukan oleh KPU. “Kami sepakat adanya asuransi jiwa maupun perlindungan kesehatan bagi petugas KPU, untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan saat bertugas di lapangan,” ujarnya.

Selain pertemuan dengan KPU Bali, Ngurah Ambara juga bertemu dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali. Dalam pertemuan Senin (22/4/2024), Ngurah Ambara menggarisbawahi pentingnya profesionalisme Bawaslu Bali dalam menjalankan tugas pengawasan demi terciptanya Pilkada yang sukses dan lancar. Selain itu, ditekankan perlunya pengendalian terhadap praktik money politics dan pengawasan yang teliti terhadap penghitungan suara.

Ketua Bawaslu Bali, Agus Tirta Suguna (tengah) saat menerima kunjungan Gede Ngurah Ambara Putra.

Ketua Bawaslu Bali, Agus Tirta Suguna, menyambut baik dialog yang terjalin dan menegaskan komitmen Bawaslu Bali untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, yakni melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan terhadap pelanggaran dalam proses Pilkada. Agus juga mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan untuk memastikan integritas dan keberhasilan proses demokrasi.

Pertemuan antara Senator Gede Ngurah Ambara Putra dengan KPU dan Bawaslu Bali menjadi momentum penting dalam memperkuat kerjasama antara lembaga legislatif dan lembaga penyelenggara Pilkada serta pengawas Pemilu. Upaya bersama ini diharapkan dapat menciptakan Pilkada yang transparan, adil, dan bertanggung jawab, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang berkualitas.



Komentar