nusabali

Kabar Baik Warga Badung Utara, 2 Rumah Sakit Baru Soft Opening Desember 2023

  • www.nusabali.com-kabar-baik-warga-badung-utara-2-rumah-sakit-baru-soft-opening-desember-2023

MANGUPURA, NusaBali.com - Kabar baik untuk warga Badung utara khususnya masyarakat Kecamatan Petang dan Abiansemal. Pasalnya bakal ada dua rumah sakit baru yang diplot sudah soft opening pada Desember 2023 ini.

Dua rumah sakit ini sebenarnya merupakan hasil konversi Puskesmas yakni Puskesmas Petang II di Desa Pelaga dan Puskesmas Abiansemal I di Desa Blahkiuh.

Puskesmas Petang II direncanakan akan soft opening lebih dulu yakni pada 22 Desember 2023. Rumah sakit di Pelaga ini untuk tahap pengembangan awal didesain sebagai Tipe D.

Sementara itu, Puskesmas Abiansemal I menyusul soft opening pada 28 Desember 2023. Di mana, rumah sakit yang bakal beridiri di depan Lapangan Umum Kopral I Wayan Surem ini merupakan Tipe C.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Made Padma Puspita menjelaskan, pendirian rumah sakit tidak sekadar fisik. Namun, juga soal kelengkapan adiminstratif terutama kredensial BPJS Kesehatan dan SDM.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mendorong perangkat daerah terkait segera menuntaskan pekerjaan rumah yang tersisa.

"Segera proses apa-apa yang menjadi kesiapan terhadap kebutuhan rumah sakit, perizinan, alat kesehatan, kebutuhan SDM untuk operasional rumah sakit," tutur Adi Arnawa dalam rapat perkembangan pembangunan rumah sakit di Puspem Badung, Kamis (14/9/2023).

Dr Padma kepada NusaBali.com menjelaskan, sejauh ini progres pembangunan infrastruktur sudah siap. Hanya saja, pendirian rumah sakit cukup kompleks dalam hal aspek-aspek non fisiknya.

"Prosesnya sedang berjalan secara simultan untuk memenuhi standar rumah sakit Tipe C dan Tipe D sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PMK)," kata dr Padma.

Soft opening ini dimaksudkan untuk mempersiapkan operasional secara penuh. Ketika persyaratan dan akreditasi terpenuhi sesuai regulasi pendirian rumah sakit, baru kemudian beroperasi secara penuh ditandai dengan grand opening.

"Berdasarkan kajian, sekitar 228 orang akan berkeja di rumah sakit ini," tandas dr Padma yang juga mantan Wakil Direktur Pelayanan RSD Mangusada. *rat

Komentar