nusabali

Ternyata Ini Perbedaan Gelar dr dan Dr

  • www.nusabali.com-ternyata-ini-perbedaan-gelar-dr-dan-dr

JAKARTA, NusaBali - Ini perbedaan gelar dr dan Dr yang seringkali membuat bingung.

Sudah hal biasa jika kita ke dokter, kalian akan menemukan gelar dr di papan nama sebelum memasuki rumah sakit, ataupun di pintu pemeriksaan pasien. Ternyata ada istilah lainnya yaitu Dr dan DR.

DR adalah gelar kehormatan untuk seseorang yang sudah berkontribusi luar biasa. Tak sembarangan perguruan tinggi bisa memberikan ini. Sehingga gelar ini amat jarang ditemukan oleh orang biasanya.

Sementara perbedaan di antara gelar Dr dan dr itu adalah makna singkatan dan cara penyebutan dari gelar tersebut. Gelar Dr adalah Doktor, sedangkan dr adalah dokter.

Perbedaan kedua adalah cara mendapatkannya. Gelar ini memiliki perbedaan dalam pendidikannya. Gelar Dr didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan kedokteran dengan Strata 3. Sedangkan gelar dr didapatkan setelah menyelesaikan pendidikan kedokteran dengan strata 1.

Perbedaan ketiga adalah lama pendidikan yang ditempuh. Jika dr (dokter) hanya S1 dengan jangka waktu 4 tahun ditambah dengan masa koas selama 2 tahun dan magang selama 1 tahun. Totalnya adalah 7 tahun.

Sedangkan S3 harus melewati S1 dan S2 terlebih dahulu, S2 memiliki rentang waktu 4-5 semester yang berarti dua setengah tahun dan S3 memiliki rentang waktu 3 Tahun. Maka total untuk mendapatkan gelar di S3 adalah 12 tahun. 7

Komentar