nusabali

PMI Bangli Bentuk Relawan Donor Darah

  • www.nusabali.com-pmi-bangli-bentuk-relawan-donor-darah

BANGLI, NusaBali - PMI Kabupaten Bangli dua tahun lalu meluncurkan Gema Sadia Bisa (Gerakan Masyarakat Sadar Donor Darah Berbasis Desa). Kini sudah dibentuk relawan pada 20 desa di seluruh Bangli.

Dengan program itu, masyarakat bisa lebih cepat mendapatkan bantuan darah. Kepala Markas PMI Kabupaten Bangli Kadek Ardip mengatakan program Gema Sadia Bisa bertujuan memenuhi kebutuhan darah masyarakat Bangli secara konsisten. Dengan relawan tersebut, diharapkan masyarakat yang membutuhkan donor darah tidak bingung mencari pendonor.

"Jika perlu darah, masyarakat cukup menghubungi kepala dusun selaku koordinator relawan donor darah di dusun masing-masing. Nantinya, kepala dusun akan membantu menghubungi relawan yang sudah terdata dan siap donor," jelasnya, Jumat (8/9).

PMI menargetkan tiap tahun akan membentuk relawan Gema Sadia Bisa di 10 desa. Diharapkan, keberadaan relawan ini merata di setiap kecamatan.

"Kegiatan donor darah ada peningkatan. Terlebih lagi setelah ada program Gema Sadia Bisa dari Ketua PMI kab Bangli I Wayan Diar. Program sudah mulai berjalan terutama di desa yang sudah ada relawan donor darah ini," sebutnya.

Kata Ardip, program ini akan berlanjut untuk menyasar desa lain agar dibentuk relawan. Selain melalui Gema Sadia Bisa, beberapa instansi di Bangli telah berkegiatan donor darah. 7esa

Komentar