nusabali

Program Angkutan Siswa Gratis Belum Bisa Diperluas

  • www.nusabali.com-program-angkutan-siswa-gratis-belum-bisa-diperluas

SEMARAPURA, NusaBali - Program angkutan siswa gratis di Klungkung belum bisa memperluas cakupan layanan akibat keterbatasan anggaran.

Program yang diluncurkan sejak 2017 ini baru bisa melayani siswa SMP di Kecamatan Klungkung saja. Kadis Perhubungan Klungkung I Gusti Gede Gunarta mengatakan, layanan angkutan siswa melayani 5 SMP di Kecamatan Klungkung yakni SMP Negeri 1 Semarapura, SMPN 2 Semarapura, SMPN 3 Semarapura, SMPN 4 Semarapura, dan MTS Hasanudin. 

Anggaran untuk program angkutan siswa gratis sebesar Rp 4 miliar lebih dengan mengoperasionalkan 110 armada. “Siswa yang dilayani sekitar 1.500 orang,” ujar Gusti Gunarta, belum lama ini. Layanan angkutan siswa gratis belum bisa diperluas ke Kecamatan Dawan, Kecamatan Banjarangkan, dan Kecamatan Nusa Penida karena kendala anggaran. “Program angkutan siswa gratis membutuhkan anggaran Rp 4,3 miliar sampai Rp 4,4 miliar untuk setiap kecamatan,” jelas Gusti Gunarta. 

Program angkutan siswa gratis sangat berarti bagi siswa, orang tua siswa, dan sopir angkutan. Dengan program ini, siswa SMP yang rumahnya jauh tidak perlu nekat mengendarai motor ke sekolah. Orang tua siswa tidak mengantar jemput anaknya. Para sopir angkutan yang ikut program ini punya penghasilan tetap. “Layanan ini untuk melindungi siswa SMP dari kecelakaan lalu lintas akibat nekat mengendarai kendaraan sendiri ke sekolah,” ujar Gusti Gunarta. 7 wan

Komentar