nusabali

Kepala Desa dan Bendesa Adat Se–Bali Serbu Unud Hadiri Seminar Bhakti Desa

  • www.nusabali.com-kepala-desa-dan-bendesa-adat-se-bali-serbu-unud-hadiri-seminar-bhakti-desa

MANGUPURA, NusaBali - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Seminar Bhakti Desa dalam Rangka Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana bertempat di Auditorium Widyasabha, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Kamis (7/9).

Acara Seminar Bhakti Desa merupakan agenda tahunan LPPM Unud dan pada tahun 2023 ini telah memasuki penyelenggaraan keenam. Kegiatan tahun ini mengambil tema ”Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal dan Desa Digital dalam Mendukung Kemandirian Desa”, Unud mengundang sejumlah narasumber dari beberapa kementerian, yaitu 1) Kementerian Desa dan Pemberdayaan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Biko Wikantosa, SS., M.Hum, 2) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia yang diwakili oleh Perencana Ahli Madya Sub Direktorat Bidang Pedesaan Direktorat Pembangunan Daerah, Ibu Hindun Barokah yang hadir secara daring, 3) Kementerian Informasi dan Informatika Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Ekonomi Digital, Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng yang hadir secara daring, serta 4) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia yang diwakili oleh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Masyarakat KPK RI, Dr. Ir. Wawan Wardiana, MT.

Seminar dilaksanakan pada hari Kamis, 7 September 2023, telah dimulai sejak tahun 2015, sebagai perwujudan rasa terima kasih Unud terhadap seluruh desa yang ada di Bali karena hampir seluruh desa, baik desa adat maupun desa dinas, telah menerima dengan baik kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh para dosen, peneliti serta mahasiswa Unud.

Dalam sambutannya, Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara menyampaikan akan dibukanya Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa kerja sama dengan Kementerian Desa dan Pemberdayaan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Para perangkat desa akan dapat menggunakan kesempatan ini dalam meraih gelar baik Sarjana, Magister dan Doktor dengan merekognisi pengalaman kerja sebagai perangkat desa dalam konversi ke SKS.

Dalam kesempatan terpisah wawancara dengan Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara menghadirkan narasumber dari beberapa pejabat kementerian adalah untuk memberikan kesempatan para pimpinan dan perangkat desa yang hadir untuk bertanya serta menyampaikan berbagai permasalahan yang ada di desanya. Harapannya adalah agar paparan materi serta respon dari seluruh narasumber terhadap pertanyaan dan permasalahan di desanya adalah agar para pimpinan dan perangkat desa dapat melaksanakan tugas pengelolaan desanya dengan lebih baik lagi kedepannya. @7

Komentar