nusabali

Perumda Segera Ganti Pompa Air

Atasi Masalah Air di Kubusuih

  • www.nusabali.com-perumda-segera-ganti-pompa-air

BANGLI, NusaBali - Warga Dusun Kubusuih, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, sebelumnya mengeluhkan layanan air dari Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli. Karena air mengalir hanya seminggu sekali. Menyikapi kondisi tersebut, Perumda Bangli segera akan mengganti pompa air untuk layanan wilayar sekitar.

Direktur Perumda Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, kapasitas pompa saat ini tidak bisa secara penuh mengcover layanan yang terus bertambah. Pompa saat ini berkapasitas produksi 25 liter/detik sehingga  tidak sebanding dengan kebutuhan. Oleh karena itu, akan dilakukan pergantian pompa di sumber mata air Paras Malem, Penarukan. Pompa nanti dengan kapasitas produksi 32 liter/detik.

"Pompa pengganti kemungkinan dikirim dari vendor pada pertengahan bulan ini. Jaringan pipanya sudah ada sehingga begitu pompa datang, bisa langsung dipasang dan dioperasikan," jelasnya, Kamis (7/9).

Menurut direktur asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini, pergantian pompa berikut jaringan pipa menelan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Diakui, optimalisasi pompa ini sudah dirancang. Namun, terjadi bencana hingga sebagian besar sumber mata air hancur diterjang longsor. Oleh karena itu, optimalisasi perpompaan untuk layanan di Desa Yangapi jadi tertunda.7esa

Komentar