nusabali

Loncat Partai, Tiga Anggota DPRD Denpasar Diusulkan PAW

  • www.nusabali.com-loncat-partai-tiga-anggota-dprd-denpasar-diusulkan-paw

DENPASAR, NusaBali - Tiga Anggota DPRD Kota Denpasar yang loncat alias nyaleg di partai lain diusulkan proses PAW (Pergantian Antar Waktu). Ketiganya adalah Anak Agung Susruta Ngurah Putra, Anak Agung Gede Putra Ariewangsa (keduanya dari Partai Demokrat,red) serta I Gede Westra dari Partai Hanura.

Agung Susruta yang notabene tokoh Puri Gerenceng Denpasar kabur dari Partai Demokrat karena nyaleg DPRD Denpasar melalui Partai Golkar. Susruta yang sudah tiga periode menikmati kursi empuk dewan melalui Demokrat sudah terlihat pasang baliho di sejumlah ruas jalan di Denpasar. Demikian juga rekannya di Fraksi Demokrat, Agung Ariewangsa maju lewat PDIP. Sebaliknya, Westra yang awalnya kader Hanura juga resmi loncat dan nyaleg DPRD Denpasar melalui PDIP. Westra juga sudah sosialisasi melalui sejumlah baliho di Denpasar.

Sekwan DPRD Kota Denpasar I Gde Made Bhaju Pravita dikonfirmasi, Selasa (5/9) mengungkapkan, Demokrat dan Hanura mengajukan PAW terhadap anggotanya pada pekan lalu. Kata dia, Partai Demokrat sudah mengajukan PAW terhadap Susruta dan Ariewangsa pada 25 Agustus 2023, sedangkan Partai Hanura mengajukan PAW terhadap Westra pada 28 Agustus 2023.

Setelah pengajuan PAW oleh induk partai masing-masing, kata Pravita, Sekretariat Dewan Denpasar langsung melakukan proses administrasi untuk diajukan ke Gubernur Bali melalui Wali Kota Denpasar. "Sebenarnya Hanura sudah duluan hendak mengajukan ketimbang Demokrat. Tetapi karena masih ada gugatan, jadi baru pekan lalu mereka resmi mengajukan PAW," jelas Pravita.

Kata Pravita, begitu proses PAW diajukan ke Gubernur Bali melalui Wali Kota, Sekretariat Dewan menunggu keputusan tentang PAW turun dari Gubernur. PAW dan pelantikan, kata Bhaju akan dilakukan setelah ada surat resmi dari Gubernur Bali.

Sementara untuk kandidat PAW, Agung Srusruta yang maju dari dapil Denpasar Utara dengan perolehan 2.041 suara akan disundul  caleg yang memperoleh suara terbanyak di bawahnya yakni Ni Made Sri Sutraningsih. Sri Sutraningsih yang hanya mengantongi 556 suara otomatis akan mendapat durian runtuh.

Sementara Ariewangsa yang maju dari dapil Denpasar Selatan dengan perolehan 4.737 suara akan disundul I Gede Semara, caleg dengan perolehan suara di bawahnya di dapil Denpasar Selatan. Semara, politisi asal Kelurahan Serangan, pada Pileg 2019 mengantongi 2.249 suara. Sebaliknya, Westra yang maju di dapil Denpasar Barat pada Pileg 2019 dengan perolehan 2.531 suara akan disundul Anak Agung Made Sumanadi. Sumanadi pada Pileg 2019 memperoleh sebanyak 1.715 suara.n mis

Komentar