nusabali

Koster Dinilai Sukses Bawa Bali ke Era Baru, Hanura Dukung Maju Periode Kedua

  • www.nusabali.com-koster-dinilai-sukses-bawa-bali-ke-era-baru-hanura-dukung-maju-periode-kedua

DENPASAR, NusaBali.com - Ketua DPD Partai Hanura Bali, I Kadek Arimbawa, mengapresiasi kepemimpinan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati selama 5 tahun terakhir.

Arimbawa menilai, duet kepemimpinan Koster-Ace yang berakhir pada Selasa (5/9/2023), telah membawa Bali ke era baru, di mana visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali bukan sekadar jargon, namun betul-betul diterapkan dan dirasakan oleh krama Bali, alam Bali, dan budaya Bali.

"Pak Koster beserta jajarannya bekerja keras menata Bali baik secara fundamental dan komprehensif berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi. Pemanfaatan produk lokal benar-benar diatur dan dilindungi dengan adanya regulasi," kata Arimbawa dalam keterangan persnya, Senin (5/9/2023).

Ia mencontohkan, pemanfaatan busana Bali, pemanfaatan buah-buah lokal untuk sektor pariwisata, penggunaan garam lokal Bali hingga mengangkat minuman tradisional Bali yaitu arak Bali. 

“Yang paling fenomenal, tentu saja disahkannya Undang-Undang Provinsi Bali,” sanjung sosok yang dikenal dengan nama Lolak ini.

Selama menjabat, Koster juga perhatian dengan kedaulatan pangan, sandang dan papan serta menjadikan Bali sebagai Pulau organik, pelestarian tanaman endemik Bali, Gumitir Bali Sudamala, termasuk pemanfaatan buah lokal disebut di atas.

"Pada periode pertama kepemimpinan Pak Koster, 2018-2024, dapat dirasakan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi. Kalaupun masih ada yang belum puas, bisa dipahami, karena tidak mungkin kebijakan dan kepemimpinan memuaskan 100%," kata Arimbawa didampingi Sekretaris DPD Hanura Bali, Gde Wirajaya Wisna.

"Namun yang patut dicatat adalah tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi. Partai Hanura juga sudah pernah melakukan survei di 9 kabupaten/kota, dan tingkat kepuasannya tergolong tinggi," imbuh Ketua DPD Hanura bali yang menjadi bakal calon legislatif DPR RI Dapil Sulawesi Tengah ini.

Arimbawa juga mengaku bangga karena Partai Hanura menjadi partai pengusung Koster-Ace pada Pilkada Bali 2018 lalu.

"Artinya, kami tidak salah pilih hingga berakhirnya periode pertama kepemimpinan mereka," kata Arimbawa.

Jika takdir menghendaki, Partai Hanura pun akan memberikan dukungan kepada Koster untuk maju dalam periode kedua. “Agar bisa melanjutkan dan mengamankan program-program bagus yang sudah dilakukan selama 5 tahun ini,” harap Arimbawa.

Komentar