nusabali

77 FKMTI dari 30 Kampung Dukung Gus Par Bacalon Bupati

Pilkada Karangasem 2024

  • www.nusabali.com-77-fkmti-dari-30-kampung-dukung-gus-par-bacalon-bupati

AMLAPURA, NusaBali - Sebanyak 77 Forum Komunikasi Majelis Taklim Ibu-ibu (FKMTI) berasal dari 30 kampung dan 10 organisasi Islam se-Karangasem, mendukung I Gusti Putu Parwata (Gus Par) menjadi bakal calon bupati di Pilkada Karangasem, 27 November 2024.

Kebulatan tekad itu dikumandangkan dalam acara halal bihalal di Gedung Mendopo Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Sabtu (27/4) malam. Acara itu juga dihadiri 10 organisasi muslim se-Karangasem di antaranya Al-Hidayah, Muslimat, PHBI (Panitia Hari Besar Islam).

Penasihat FKMTI Karangasem Hajjah Rehana, menyatakan sebanyak 77 FKMTI yang ada di Karangasem, karena di dalam satu kampung bisa dua atau tiga organisasi FKMTI, tergantung jumlah umatnya. 

Sebenarnya acara tersebut halal-bihalal, tetapi Rehana berinisiatif mengundang putra mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, yang juga bakal calon Bupati Karangasem, I Gusti Putu Parwata. Alasannya, mereka merasa dekat dengan Mas Sumatri. Dan setiap menjelang keberangkatan naik haji, jemaahnya dibantu suami Mas Sumatri, I Gusti Made Tusan.

Rehana berharap hubungan kedekatan kaum muslim di Karangasem kembali terjalin di pemerintahan, seperti di zaman Bupati Mas Sumatri pada 2016-2021.

Menanggapi dukungan FKMTI Karangasem itu, Mas Sumatri terlebih dahulu memperkenalkan kedua putranya I Gusti Putu Parwata yang tengah berjuang menjadi bakal calon bupati, dan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, yang kembali memenangkan kursi DPRD Karangasem untuk periode kedua.

"Pertama saya ucapkan terima kasih atas dukungannya, sehingga saya melenggang ke DPRD Bali, dan terima kasih atas dukungannya untuk anak saya kembali duduk di DPRD Karangasem, dan untuk yang satu ini I Gusti Putu Parwata, agar lolos jadi calon Bupati Karangasem,” kata Mas Sumatri.

Gus Par juga mengapresiasi dukungan dari ibu-ibu Muslim. Sebab, saat Mas Sumatri menang di Pilkada Karangasem 2015, tak lepas dari dukungan ibu-ibu Muslim. 

Gus Par sementara baru dapat dukungan dari Partai NasDem dengan 5 kursi. Padahal untuk ikut kontestasi Pilkada Karangasem 2024, perlu minimal 9 kursi untuk memenuhi syarat 20 persen dari 45 kursi di DPRD Karangasem. Untuk itu masih menjajaki koalisi dengan Partai Golkar atau Partai Demokrat.

Di bagian lain Ketua DPC Partai Demokrat I Komang Wirawan mengaku siap berkoalisi dengan Partai NasDem. “Partai Demokrat memiliki 6 kursi di DPRD Karangasem, sudah cukup berkoalisi dengan Partai NasDem. Terpenting saya menjanjikan kemenangan minimal di Kecamatan Kubu,” ucap Wirawan. 7 k16 

Komentar