nusabali

Giri Prasta Siap Dukung Rekomendasi DPP PDIP

  • www.nusabali.com-giri-prasta-siap-dukung-rekomendasi-dpp-pdip

TABANAN, NusaBali - Ketua DPC PDIP Badung, I Nyoman Giri Prasta kembali menegaskan siap berpasangan dengan Wayan Koster di Pilgub Bali, 27 November 2024 mendatang, seperti aspirasi yang muncul di internal PDIP di Bali, yakni paket Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Ace).

Dia mengaku legowo bila rekomendasi dari DPP PDIP nanti turun memposisikan dirinya sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali. 

Hal tersebut disampaikan Giri Prasta saat sesi wawancara doorstop oleh wartawan di sela-sela program Angelus Buana yang digelar Pemkab Badung ke Kabupaten Tabanan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Senin (29/4). Dalam kesempatan itu, politisi asal Pelaga, Kecamatan Petang, Badung ini mengatakan masalah rekomendasi itu diserahkan langsung kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Selaku petugas partai, Giri Prasta tegaskan dirinya akan selalu tunduk kepada pimpinan. 

"Jangankan jadi calon wakil gubernur, saya tidak dijadikan apa-apa, sebagai petugas partai pun saya siap sekali. Karena saya berprinsip apa sih yang harus diperbuat Giri Prasta untuk PDI Perjuangan, itu saja. Kami memiliki simbol utama ada Mas Prananda dan Ibu Megawati. Dan kami harus hormat dan tunduk," kata Bupati Badung ini.

Dengan kata lain dia pun mengaku legowo bila sudah diperintah oleh partai. Meskipun sebagian masyarakat Bali ada yang menyerukan ‘Giri Prasta Bali Satu’. "Kalau sudah diperintah mau gimana lagi. Saya berterimakasih kepada yang memberikan aspirasi," kata Giri Prasta. Di kesempatan itu Giri Prasta juga sempat membantah kedatangan Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster ke DPC PDIP Badung pada, Minggu (28/4) untuk meminang dirinya menjadi Calon Wakil Gubernur Bali. Menurutnya, munculnya paket Koster-Giri itu murni aspirasi dan keputusan DPC PDIP Badung. "Munculnya aspirasi itu juga tidak ada intervensi. Selain itu tidak ada pinangan, memang itu aspirasi untuk mengisi arahan DPP partai agar memunculkan kandidat," tegasnya. 

Giri Prasta juga menyatakan siap mendukung apabila rekomendasi untuk Pilgub Bali 2024 nanti masih mempertahankan paket incumbent Koster-Ace. "Saya dukung rekomendasi yang keluar. Dan terkait pemasangan baliho itu tidak ada dari kader melainkan itu animo masyarakat," tandasnya. 

Seperti diberitakan DPC PDIP Badung sempat tidak memunculkan usulan nama dalam penjaringan bakal Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) untuk Pilgub Bali 2024 dalam rapat, Jumat (26/4) lalu, namun kini teka teki ‘nama’ tersebut terjawab. Dalam konsolidasi internal DPD PDIP Bali ke DPC PDIP Badung, Minggu (28/4) sore terungkap satu-satunya usulan yang muncul adalah paket Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) untuk maju dalam Pilgub Bali pada 27 November 2024 mendatang.

Kedatangan Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster didampingi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Bali IGN Kesuma Kelakan, dan jajaran DPD PDIP Bali lainnya diterima langsung Ketua DPC PDIP Badung I Nyoman Giri Prasta beserta jajaran struktural partai dan para kader di kantor DPC PDIP Badung, kawasan Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung. Kedatangan Koster dalam konsolidasi tersebut tampaknya ingin ‘meminang’ Giri Prasta sebagai wakilnya. Namun, Koster membantah adanya upaya meminang politisi yang masih menjabat Bupati Badung ini. 

“Bukan meminang, ini memang agenda konsolidasi secara bergiliran di semua kabupaten/kota di Bali,” ujar Koster usai pertemuan tertutup tersebut. Dalam konsolidasi tersebut, tenyata muncul aspirasi paket Koster berpasangan dengan Giri Prasta dari DPC PDIP Badung. 7 des

Komentar