nusabali

Terinspirasi BTS, Ganjar Usul Putri Ariani, Rich Brian, Niki Zefanya Diberi Paspor Biru

  • www.nusabali.com-terinspirasi-bts-ganjar-usul-putri-ariani-rich-brian-niki-zefanya-diberi-paspor-biru

JAKARTA, NusaBali.com - Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo mengusulkan bintang pop culture tanah air seperti Putri Ariani, Rich Brian, dan Niki Zefanya diberi paspor biru.

Dalam acara Road to IdeaFest 2023 di Djakarta Theater, Kamis (31/8/2023) lalu, Ganjar berbicara tentang potensi industri kreatif dan kekayaan intelektual tanah air. Salah satu poin yang disinggung adalah potensi industri kreatif Indonesia yang tidak kalah dengan Korea Selatan.

Menurut Ganjar, Korea Selatan boleh saja punya boy group seperti BTS. Tetapi, Indonesia juga punya bintang-bintang populer yang juga sudah mendunia dan tidak kalah tenar dari bintang-bintang Korea.

Tiga bintang tanah air yang disebut Ganjar adalah peraih golden buzzer America's Got Talent sekaligus musisi disabilitas, Putri Ariani. Ada juga Brian Immanuel atau yang lebih dikenal sebagai rapper Rich Brian yang kini sudah mendunia dan populer di bawah label 88Rising.

Tidak lupa, ada Niki Zefanya atau dikenal dengan nama panggung NIKI. Belakangan ini Niki populer dengan lagunya 'Highschool in Jakarta' dan jadi rekan selabel Rich Brian di 88Rising yang bermarkas di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

"Luar biasa dia (mereka) populer. Saya pikir kenapa ya, anak-anak ini tidak kita kasih paspor biru untuk jadi diplomat seni kita di luar negeri," ungkap Ganjar saat jadi pembicara di acara yang hadirinnya didominasi kalangan muda.

Paspor biru ini sebenarnya apa sih? Apa bedanya dengan paspor-paspor lain. Sebenarnya, RI punya beberapa jenis paspor yang memiliki peruntukannya masing-masing. Termasuk paspor biru yang disebut-sebut Ganjar.

Menurut laman Kementerian Luar Negeri RI, ada tiga macam paspor berdasarkan warnanya yakni paspor hijau, biru, dan hitam. Paspor hijau diterbitkan sebagai paspor biasa yang digunakan WNI pada umumnya. Paspor biru disebut pula Paspor Dinas sedangkan paspor hitam disebut Paspor Diplomatik.

Paspor biru yang disinggung Ganjar ternyata berfungsi sebagai Paspor Dinas. Paspor ini biasanya diberikan kepada pejabat negara yang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka tugas-tugas kedinasan. Peruntukkan paspor ini dijelaskan lebih detail dalam Permenlu RI Nomor 2 Tahun 2019.

Meski diperuntukkan untuk pejabat termasuk ASN, TNI, Polri, dan pejabat badan/lembaga negara lainnya sesuai perundang-undangan, paspor ini juga bisa diberikan kepada pihak lain. Hal ini diatur pada Paragraf 2 tentang Paspor Dinas, pasal 7 ayat (3) huruf d.

"Warga Negara Indonesia yang berdasarkan pertimbangan Pemerintah Republik Indonesia perlu diberikan (paspor biru/dinas)...," bunyi klausa pada pasal itu.

Jika ditelaah, usulan Ganjar agar Putri Ariani, Rich Brian, dan Niki diberikan Paspor Dinas cukup mirip atau terinspirasi dari kebijakan Pemerintah Korea Selatan. Di mana, BTS didapuk jadi utusan khusus kepresidenan atau special presidential envoys di bidang generasi mendatang dan kebudayaan.

Dalam beberapa kesempatan BTS bahkan mewakili Korea Selatan untuk berbicara di Sidang Umum PBB. Hal ini disebut-sebut sebagai cara Pemerintah Korea Selatan untuk memanfaatkan soft power mereka yakni pop culture atau budaya populer K-Pop.

Skema ini tampaknya ingin diaplikasikan Ganjar ke bintang-bintang pop culture Indonesia yang terkenal dan berpengaruh secara global di bidangnya, terutama musik. Dengan begitu, sosok seperti Putri Ariani, Rich Brian, dan Niki diharapkan bisa jadi jembatan seni dan industri kreatif tanah air ke kancah internasional. *rat

Komentar