nusabali

Telkomsel Optimalkan Jaringan Sambut Mudik Lebaran

  • www.nusabali.com-telkomsel-optimalkan-jaringan-sambut-mudik-lebaran

JAKARTA, NusaBali.com – Telkomsel berkomitmen untuk memastikan kelancaran komunikasi bagi masyarakat selama musim mudik Lebaran 2024. Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur Operasi Jaringan Global Telkomsel, Galumbang Pasaribu, dalam konferensi pers daring yang diadakan pada Rabu (27/3/2024).

"Telkomsel sudah melakukan optimalisasi supaya pemudik aman (dalam berkomunikasi)," tegas Galumbang.

Optimalisasi jaringan telah dilakukan pada lebih dari 244.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Telkomsel juga memberikan perhatian khusus pada 444 titik yang diprediksi akan menjadi pusat keramaian, seperti jalan raya utama, jalan provinsi, jalan tol, jalur kereta api, terminal, pelabuhan, dan bandar udara.

"Jadi, ketika mereka (masyarakat) berada di sana, mereka terlayani dengan baik," kata Galumbang.

Antisipasi Lonjakan Trafik Data

Telkomsel memperkirakan lonjakan trafik data sebesar 15,22 persen dibandingkan hari biasa pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2024. Penggunaan internet terbesar diprediksi berasal dari game online (40,84 persen), komunikasi melalui aplikasi pesan instan (25,49 persen), dan streaming video (22,61 persen).

"Kami menyiagakan 36 unit BTS bergerak alias Combat di sejumlah titik yang diperkirakan akan mengalami trafik internet yang cukup tinggi," ujar Galumbang.

Prediksi Trafik SMS dan Telepon

Selain internet, Telkomsel memprediksi trafik SMS pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 naik 2,47 persen. Sementara panggilan telepon konvensional diprediksi turun 8,74 persen dibandingkan hari biasa.

"Penurunan panggilan telepon konvensional adalah tren secara global, tidak hanya di Indonesia," jelas Galumbang.

Upaya Peningkatan Kapasitas Jaringan

Telkomsel juga melakukan upaya peningkatan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama mudik Lebaran. Upaya ini meliputi penambahan kapasitas jaringan 4G pada 70 BTS dan pembangunan 325 BTS 4G.

"Dengan persiapan yang matang, kami optimis dapat memberikan layanan komunikasi yang terbaik bagi masyarakat selama musim mudik Lebaran 2024," pungkas Galumbang.

Pada kesempatan ini, Telkomsel juga hadir lebih dekat melalui 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis, memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, serta menghadirkan berbagai promo spesial untuk menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia.

Telkomsel Sambungan Senyuman

Pada kesempatan yang sama Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyebutkan jika Telkomsel juga melangsungkan inisiatif “Telkomsel Sambungkan Senyuman” dengan berbagi makanan berbuka untuk warga sekitar di beberapa kota, khususnya masyarakat yang melintas di jalan menjelang waktu berbuka puasa.

“Telkomsel hadir mendistribusikan bantuan dan donasi yang berarti untuk menciptakan momen kebersamaan yang penuh keberkahan,” kata Saki.

Berfokus pada inklusivitas serta keberlanjutan sosial dan ekonomi di sekitar wilayah operasi Telkomsel, bantuan dan donasi tersebut di antaranya terdiri dari bantuan penyediaan air bersih di 5 lokasi, 150 bantuan renovasi mushola/pesantren/tempat ibadah, 200 bantuan perbaikan sarana usaha UMKM, 1.000 bantuan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi masyarakat prasejahtera, 1.000 paket pemeriksaan gizi, makanan, dan vitamin bagi bayi/balita, 1.000 paket makanan sahur dan berbuka puasa, serta 1.800 paket sembako bagi masyarakat dhuafa.

Sementara Gilang Prasetya, Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel, menegaskan, dengan mengambil inspirasi dari nilai-nilai kebersamaan dan berbagi harapan dalam semangat Indonesia, Telkomsel bertekad untuk menghadirkan layanan yang bukan saja inovatif dan terdepan, tetapi juga dapat saling menguatkan hubungan antar sesama yang penuh arti. 

“Telkomsel berkeyakinan bahwa produk dan layanan yang dihadirkan tidak hanya memudahkan, namun juga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas. Oleh karena itu Telkomsel berharap melalui ragam inovasi dan layanan di periode Ramadan dan Idulfitri akan menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia,” pungkas Gilang.

Komentar