nusabali

Sayu Bella Juara XCO di Kejurnas

  • www.nusabali.com-sayu-bella-juara-xco-di-kejurnas

JAKARTA, NusaBali - Enam atlet Pelatnas balap sepeda MTB, termasuk atlet asal Bali Sayu Bella Sukma Dewi menjadi juara di Kejurnas yang juga ajang Pra PON, di Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), pada 21-27 Agustus 2023. Mereka menjadi juara di kategori MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra dan putri.

"Sayu juara di XCO Kejurnas dan Babak Kualifikasi PON juga," ujar Pelatih Timnas MTB, Dwi Kurniawan, Rabu (30/8). 

Menurut Dwi, tidak hanya Sayu Bella yang naik podium, tapi juga atlet Pelatnas lainnya sukses meraih juara. Dara Latifah di posisi kedua setelah Sayu Bella. Kemudian Dela Anjar Wulan di peringkat ketiga.

Sedangkan tiga atlet putra Pelatnas yakni Zaenal Fanani di posisi pertama dan Ihza Muhammad di peringkat empat XCO Men Elit.

"Ihza di posisi ke empat, karena mengalami trouble," kata Dwi Kurniawan. 

Satu atlet putra lainnya, Feri Yudoyono meraih juara pertama di XCO U23. Secara keseluruhan, Dwi menilai, penampilan atlet Pelatnas di Kejurnas sudah bagus karena sesuai dengan apa yang mereka latih selama ini.

Usai berlaga di Kejurnas, keenam atlet Pelatnas kembali menjalani latihan di kawasan lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. Mereka fokus mempersiapkan diri ke Asian Games 2023 Hangzhou, China pada 23 September-8 Oktober. Oleh karena itu, tidak ada lagi try in atau try out bagi mereka.

Dwi mengatakan, nantinya dari MTB hanya empat atlet yang berangkat ke China. Sedangkan dua orang yang tidak terpilih dipulangkan. Pengumuman akan dilakukan mendekati keberangkatan mereka ke ajang olahraga antar negara Asia tersebut. Sambil menanti itu, mereka terus berlatih.

"Masih ada waktu 21 hari lagi atau sekitar tiga minggu untuk menuju Asian Games. Setiap hari, kami terus menjalani latihan sambil menunggu pengumuman," terang Dwi Kurniawan. 

Di Asian Games, balap sepeda MTB ditargetkan minimal meraih satu medali perunggu. Medali tersebut bisa berasal dari siapa saja, karena atlet MTB yang di Pelatnas telah dipersiapkan dengan baik. Dwi berharap, mereka tidak hanya mendapatkan satu medali perunggu. Melainkan medali lainnya dari empat atlet yang diturunkan.

"Syukur-syukur, semua bisa mendapatkan medali," kata Dwi. 

Kelak, siapa pun yang terpilih membela Indonesia di Asian Games nanti merupakan kiprah perdana mereka di sana. Di Asian Games 2018 Jakarta, Indonesia, nomor MTB kala itu belum berhasil mendapatkan medali.

Atlet Indonesia saat itu di peringkat lima. Menurut Dwi, ada empat negara yang memiliki kemampuan di atas atlet Indonesia. Mereka adalah Jepang, China, Kazakhstan dan Korea. Namun, Dwi optimistis atlet MTB Indonesia kali ini bisa meraih medali. k22

Komentar