nusabali

Review Design, Konsultan Tinjau PUN

  • www.nusabali.com-review-design-konsultan-tinjau-pun

Peninjauan sebagai persiapan review design revitalisasi PUN yang rencananya akan dibahas bersama pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

NEGARA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana bersama tim konsultan dan petugas Balai Prasarana Permukiman (BPP) Wilayah Bali, meninjau Pasar Umum Negara, Jembrana, Rabu (23/8).

Tim konsultan sempat melakukan pengukuran bangunan Pura Melanting di areal Pasar Swadaya dan areal PUN. Dalam desain revitalisasi PUN saat ini, ada rencana untuk membuatkan satu Pura Melanting di bagian pojok kaja-kangin (timur laut) yang saat ini menjadi tempat Pura Melanting di areal Pasar Swadaya. Namun saat ini, ada permintaan agar tetap ada dua Pura Melanting di PUN. 

"Kami lakukan pengecekan sekaligus pengukuran pura. Karena sebelumya di desain, rencana dibuatkan satu pura. Tapi ada keinginan pedagang agar pura tetap ada dua," ujar Kepala Dinas PUPRPKP Jembrana I Wayan Sudiarta yang ikut meninjau.

Sudiarta mengatakan, untuk mengakomodir keinginan pedagang agar tetap ada dua Pura Melanting, nantinya akan berusaha diusulkan saat review design revitalisasi PUN. Sekalian juga akan dibahas mengenai review pelebaran ukuran los dan kios yang dipergunjingkan pedagang. "Review dilakukan setelah ada pengumuman dan penandatangan pemenang tender (revitalisasi PUN)," ucapnya.

Seusai proses tender di Kementerian PUPR, direncanakan pengumuman pemenang tender akan dilaksanakan pada Selasa (29/8). Kemudian untuk penandatangan kontrak, dijadwalkan pada Kamis (31/8). "Nanti pembahasan review dari Kementerian PUPR akan dilakukan melalui zoom meeting. Saat pembahasan review nanti, kita juga akan undang paguyuban ataupun perwakilan pedagang," ujar Sudiarta. 

Revitalisasi PUN Jembrana ini akan dibiayai Kementrian PUPR dengan pagu anggaran sebesar Rp 143 miliar. Pelaksanaan revitalisasi direncanakan sudah mulai berjalan pada akhir bulan Agustus atau awal September 2023 ini. Pengerjaan revitalisasi akan dilaksanakan multiyears dan ditargetkan rampung pada bulan Juni 2024. 7ode

Komentar