nusabali

Arteta Tahu Cara Kalahkan City

Duel Arsenal-ManCity di Community Shield

  • www.nusabali.com-arteta-tahu-cara-kalahkan-city

Sangat bersemangat untuk memainkan final kali ini dan memiliki kesempatan untuk memenangkan trofi melawan tim yang harus dikalahkan.

LONDON, NusaBali
Arsenal siap menantang juara Premier League 2022/2023, Manchester City (ManCity), dalam Community Shield,  Minggu (6/8), pukul 23.00 WITA, di Stadion Wembley, London.  Meski sekedar pemanasan jelang dimulainya England Premier League (EPL), Community Shield selalu mengandung gengsi tinggi. Kali ini, Arsenal ingin balas dendam pada ManCity.

Betapa tidak, musim lalu Arsenal sempat lama memimpin klasemen Liga Inggris lantas terpeleset dan menyerahkan gelar kepada ManCity. Kini pelatih Arsenal Mikel Arteta menegaskan timnya sudah tahu cara untuk mengalahkan ManCity.

“Sangat bersemangat untuk memainkan final kali ini dan memiliki kesempatan untuk memenangkan trofi melawan tim yang harus dikalahkan,” kata Mikel Arteta di laman resmi Arsenal, Sabtu (5/8).

The Gunners -julukan Arsenal- berhak mendapatkan tiket , Community Shield, setelah finis di posisi kedua Liga Primer Inggris musim lalu. Sedangkan The Citizens menjadi treble winner musim lalu, setelah juara Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions.

Kini Arteta membara menjelang laga final Community Shield 2023. Pelatih berpaspor Spanyol itu mengatakan timnya sangat bersemangat untuk mengunci kemenangan atas ManCity. Dengan semangat tinggi, Arteta yakin Arsenal mampu mengalahkan ManCity.

“Mereka (Manchester City) adalah tim terbaik di Eropa musim lalu, dan kami tahu apa standarnya dan bagaimana kami harus memenangkan pertandingan, tetapi kami sangat bersemangat,” kata Arteta.

Sedangkan manajer ManCity Pep Guardiola menatap Community Shield, dengan mengakui  timnya tidak dalam kondisi terbaik. Meski demikian, City mengincar trofi Community Shield ketiga di era Guardiola. Namun, manajer asal Spanyol itu  merasa ManCity masih belum mantap.

"Tentu saja kami akan berusaha untuk menang," kata Guardiola dikutip Metro. "Kami kesulitan untuk restart. Namun, ini 'kan sebuah pertandingan final dan mudah-mudahan mentalitas kami bisa membantu kami untuk bersaing," kata mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenche ini.

Kendati demikian, Manchester City terbantu dengan rekor bagus menghadapi tim London Utara itu. Man City memenangi delapan pertemuan terakhir kontra Arsenal di seluruh kompetisi domestik.

Meski demikian, City punya rekam jejak buruk di Community Shield. Sejak 2019, anak asuh Guardiola tidak pernah menang ajang ini lagi.

Mereka selalu kalah saat bersua Leicester City dan Liverpool.

Sedangkan dari kubu Arsenal, paling menarik ditunggu adalah peforma para pemain baru The Gunners di bursa transfer musim panas 2023.  Sejauh ini, Arsenal sudah mengeluarkan 200 juta paun untuk merekrut tiga pemain penting: Declan Rice, Jurrien Timber dan Kai Havertz.

Menariknya ketiganya berpotensi langsung turun sejak menit pertama pada laga ini.  Kali ini, Arsenal tentunya ingin balas dendam dari Man City.

Tercatat Arsenal sudah bertemu ManCity asuhan Guardiola sebanyak 19 kali. Hasilnya Arsenal menang dua kali, imbang sekali, dan kalah 16 kali. Menariknya dua kemenangan Arsenal atas ManCity asuhan Guardiola terjadi saat bermain di Wembley.  *

Prediksi Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Nathan Ake; Mateo Kovacic, Rodri; Bernardo Silva, Phil Foden, Jack Grealish; Erling Haaland. Manajer: Pep Guardiola.

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Ben White, Gabriel Magalhaes, William Saliba, Jurrien Timber; Declan Rice, Thomas Partey; Kai Havertz, Bukayo Saka, Martin Odegaard; Gabriel Jesus. Manajer: Mikel Arteta.

Komentar