nusabali

DPT Tamanbali - Guliang Kangin Digarap

  • www.nusabali.com-dpt-tamanbali-guliang-kangin-digarap

BANGLI, NusaBali - Dinding penahan tanah (DPT) pada ruas jalan Tamanbali - Guliang Kangin, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, Bangli, mulai digarap oleh rekanan. Sebelumnya, DPT ini amblas hingga sebagian badan jalan hilang.

Sebelumnya, perbaikan DPT tersebut sudah sempat dilakukan rekanan lain. Namun, berujung putus kontrak. Untuk menyelesaikan pengerjaan DPT tersebut, tahun 2023, Pemkab Bangli Kembali mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar lebih.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan DPT Tamanbali - Guliang Kangin, Desa Tamnabali, Komang Ariana mengatakan pembangunan DPT tersebut sempat dianggarkan pada tahun 2022. Namun dalam pengerjaan, pihak penyedia tidak bisa menuntaskan pekerjaannya. Oleh karena itu, Pemkab Bangli kembali mengalokasikan anggaran Rp 2,1 miliar lebih untuk menuntaskan proyek tersebut.

Diakui, dalam proses tender pada di Unit Layanan Pengadaan (ULP), Setda Bangli sempat mengalami gagal tender. Oleh karena itu, dilakukan tender ulang dan kini sudah mulai pengerjaan. "Memang pada tender pertama sempat gagal. Karena rekanan yang mengajukan penawaran tidak bisa memenuhi persyaratan. Langkah lebih lanjutnya, kembali dilakukan tender ulang dan untuk pemenang kegiatan kini sudah berkontrak," jelasnya, Kamis (27/7).

Lebih lanjut, tender PT Tamanbali - Guliang Kangin dimenangkan oleh CV Pater Surya  dengan nilai kontrak Rp 2,1 miliar lebih. Diharapkan penyedia bisa menuntaskan pekerjaan tepat waktu dan tanpa mengurangi mutu pekerjaan. "Pihak rekanan sudah mulai bekerja dan kami berharap pengerjaan bisa tuntas tepat waktu,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kerusakan jalan Tamanbali-Guliang Kangin ini cukup menghambat aktivitas atau lalu lintas kendaraan. Jalan tersebut salah satu akses dari Bangli menuju Gianyar maupun Klungkung. Meski jalan tersebut rusak, tidak sedikit kendaraan roda dua melintasi jalur tersebut untuk mempersingkat jarak tempuh.7esa

Komentar