nusabali

Kesbangpol Gencarkan Sosialisasi Pemilu

Tingkatkan Partisipasi, Sasar Perempuan dan Milenial

  • www.nusabali.com-kesbangpol-gencarkan-sosialisasi-pemilu

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Klungkung menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Klungkung untuk gencarkan sosialisasi Pemilu 2024.

Setelah menyasar Bendesa Adat dan Perbekel, Kesbangpol kini tengah menyasar pemilih perempuan dan kaum milenial.

Kepala Badan Kesbangpol Klungkung, I Dewa Ketut Sueta Negara mengatakan, dalam sosialisasi tahapan pemilu ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari KPU, Bawaslu dan Kesbangpol. "Kami sudah memberikan sosialisasi kepada Bendesa Adat dan Perbekel se-Kabupaten Klungkung beberapa waktu lalu," ujar Sueta Negara, di Klungkung, Rabu (26/7).

Sosialisasi menyasar pemilih perempuan dan pemilih milenial ini kata Sueta Negara, karena pada Pemilu 2019 lalu jumlah pemilih dari kaum perempuan lebih banyak. Sedangkan, pemilih dari kalangan milenial juga berpotensi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu. "Pada Pemilu 2019 tingkat partisipasi 82,06 persen, dengan jumlah pemilih perempuan lebih banyak," ujar Sueta Negara.

Kata dia, sosialisasi tahapan pemilu ini sebagai peran pemerintah daerah mendukung Pemilu 2024. Selain itu, sebagai implementasi pasal 434 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Pemerintah berperan dalam pelaksanaan sosialisasi terhadap peraturan perundangan undangan pemilu, pelaksanaan pendidikan politik bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Kelancaran transportasi pengiriman logistik, pemantauan kelancaran pelaksanaan pemilu,” beber Sueta Negara. 

"Dari sekian peran pemerintah daerah, kita juga wajib memberikan bantuan dan fasilitas susuai ketentuan," imbuh Sueta Negara.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga melaksanakan penugasan personel pada Sekretariat PPK, Panwascam dan PPS, penyediaan sarana ruangan, sarana sekretariat PPK, Panwascam dan PPS. Pihaknya berharap pendidikan politik kepada masyarakat juga dilakukan oleh partai politik peserta pemilu, sehingga masyarakat memahami hak dan kewajibanya dalam berbangsa dan bernegara.

Sementara Ketua KPU Klungkung, I Gusti Lanang Mega Saskara menyampaikan tentang Data Pemilih Tetap (DPT) di Gumi Serombotan. Jumlah DPT di Klungkung yakni 167.052 orang dengan 649 TPS. Termasuk 1 TPS khusus di Rutan Kelas II B Klungkung. "Pada Pemilu 2019 tingkat partisipasi 82,06 persen. Untuk Pemilu 2024 kami target partisipasi 83 persen," ujar Mega Saskara.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klungkung I Gede Suka Astreawan menambahkan, total pemilih pada Pemilu 2019 lalu mencapai 167.052 orang yang terdiri dari pemilih perempuan 84.803 orang (50,8 persen) dan pemilih laki - laki 82.249 orang (49,2 persen). Sedangkan, untuk infografis DPT Pemilu 2024 berdasarkan generasi, masing-masing baby boomers mencapai 23,2 persen, lansia 4,4 persen, generasi Z 15,1 persen, milenial 26,7 persen, dan generasi X mencapai 30,5 persen. N wan

Komentar