nusabali

Program Aksiku 2023 Tampilkan Bapang Barong dan Makendang Tunggal

  • www.nusabali.com-program-aksiku-2023-tampilkan-bapang-barong-dan-makendang-tunggal
  • www.nusabali.com-program-aksiku-2023-tampilkan-bapang-barong-dan-makendang-tunggal

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka lomba bapang barong dan makendang tunggal di panggung terbuka Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Sabtu (22/7) malam.

Lomba ini serangkaian kegiatan Aksiku (Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan) Kabupaten Klungkung Tahun 2023. Hadir, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Kadis Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, dan instansi lainnya.

Bupati Suwirta menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya lomba bapang barong dan makendang tunggal sebagai upaya menggali potensi agar seni dan budaya bisa terus berkembang.

“Dengan kegiatan ini semoga seni dan budaya di Kabupaten Klungkung bisa terus dikembangkan, salah satunya perkembangan bapang barong dan makendang tunggal,” ujar Bupati Suwirta.


Kadis Kebudayaan Klungkung, IB Jumpung menyampaikan kegiatan Aksiku merupakan program inovasi Dinas Kebudayaan Klungkung untuk menguatkan dan meningkatkan ekstensi adat dan budaya Kabupaten Klungkung.

Program ini sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru’. Aksiku Tahun 2023 mengusung tema Prawertining Kalanguan.

Juara I lomba makendang tunggal diraih I Made Suartama dari Kecamatan Klungkung, Juara II I Putu Diva Adi Pradana dari Kecamatan Banjarangkan, dan Juara III I Wayan Wiryan Permana Supradinata dari Kecamatan Nusa Penida.

Juara I lomba bapang barong oleh pasangan I Dewa Gede Dika Satya Wibawa Nida dan Putu Krisna Widiantara dari Kecamatan Banjarangkan, Juara II pasangan I Putu Yoga Widi Laksana dan I Ketut Sarta dari Kecamatan Klungkung dan Juara III pasangan I Wayan Tri Paramartha dan I Gede Raiya Khrisna Mahaputra dari Kecamatan Nusa Penida. @ wan

Komentar