nusabali

Liga 2 Paling Lambat 8 September

Tanpa Suportar Away, Pakai Pemain Asing

  • www.nusabali.com-liga-2-paling-lambat-8-september

JAKARTA, NusaBali - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus menetapkan jadwal bergulirnya Liga 2 2023/2024 paling lambat pada 8 September dengan menggunakan regulasi dua pemain asing untuk setiap klub.

Selain itu, Liga 2 memakai kebijakan yang sama seperti Liga 1, yaitu larangan kehadiran suporter tim tamu saat tim kesayangannya bermain away atau tandang.

Menurutnya, kebijakan larangan kehadiran suporter tim tamu di Liga 1 adalah bentuk transformasi sepak bola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan Oktober 2022 dan hasil kesepakatan antara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

“Larangan itu sifatnya formal. Untuk Liga 2 juga akan sama (larangan suporter tim tamu seperti Liga 1),” kata Ferry Paulus, dalam club owner’s meeting Liga 2 2023/2024, di Jakarta, Kamis (20/7) malam.

Ferry menegaskan kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk Liga 2, tapi secara lebih luas juga akan diterapkan pada kompetisi sepak bola kelompok umur. Meski ada larangan suporter tim tamu hadir, masih ada pelanggaran yang mengakibatkan kerusuhan antar suporter selama berlangsungnya Liga 1, seperti kerusuhan suporter pada laga antara Persik Kediri melawan Arema FC di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur pada 15 Juli.

Sedangkan soal kick off Liga 2 dimulai paling lambat pada 8 September dengan menggunakan regulasi dua pemain asing untuk setiap klub.

“Pemain asing jadi keharusan. Klub semua yang selama ini ragu pemain asing ada atau tidak, hari ini salah satu kesepakatan klub-klub mau ada asing,” kata Ferry.

Ferry mengatakan penggunaan pemain asing ini untuk meningkatkan valuasi dari kompetisi sepak bola kasta kedua di Indonesia tersebut. Langkah regulasi penggunaan pemain asing ini, kata Ferry, ada setidaknya dua klub dari total 28 klub Liga 2 yang tidak setuju.

Ferry juga menegaskan, peraturan penggunaan pemain asing untuk Liga 2 tetap berjalan karena tidak memberatkan dari segi finansial setiap klub. Peraturan tentang pemain asing Liga 2 ada pro dan kontra dimana efeknya adalah para pemain lokal peluang bermainnya lebih sedikit. ant

Komentar