nusabali

Memukau, Duta Gong Kebyar Jembrana di PKB XLV

Tampilkan Fragmentari ‘Pesisir Kauh’

  • www.nusabali.com-memukau-duta-gong-kebyar-jembrana-di-pkb-xlv

NEGARA, NusaBali - Kelompok Gong Kebyar Duta Kabupaten Jembrana memukau ribuan penonton saat tampil dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV di Ardha Candra, Art Center, Denpasar, Minggu (9/7). 

Terlebih pada penampilan utsawa (parade) Gong Kebyar Duta Jembrana yang membawakan garapan kolaborasi fragmentari berjudul ‘Pesisir Kauh’.

Fragmentari ‘Pesisir Kauh’ ini dibawakan tiga sekaa gong, yakni, Sekaa Gong Kebyar Dewasa Gargita Panca Suara (Desa Banyubiru, Kecamatan Negara), Sekaa Gong Kebyar Wanita Gentha Saraswati (Desa Melaya, Kecamatan Melaya), serta  Sekaa Gong Kebyar Anak-Anak Sanggar Seni Nawasena (Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana). 

Penampilan aktraktif Sekaa Gong Kebyar Duta Jembrana ini turut disaksikan langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama sang istri, jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana dan Kepala OPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Jembrana.

Fragmentari Pesisir Kauh ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat pesisir. Pesan moral dalam fragmentari ini, mengajak masyarakat agar sumber mata pencaharian dimanfaatkan dengan bijak tanpa melakukan perusakan. Hasil laut dan sumbernya mesti diolah dengan tidak merusak seperti pengeboman dan membuang sampah sembarangan sehingga mengotori lautan.

Pada puncak penampilan itu digambarkan terjadi gelombang besar membawa musibah terhadap masyarakat. Hingga kemunculan Kanjeng Ratu memperingatkan masyarakat akan kesalahan mereka, masyarakat tersadar dan memohon pengampunan. Untuk menghormati Kanjeng Ratu sebagai penguasa lautan maka didirikan sebuah pura di tepi pantai Jembrana.

Selain menampilkan garapan kolaborasi, masing masing sekaa juga tampil membawakan dua materi saat penampilannya di panggung PKB XLV. Sekaa Gong Kebyar Dewasa Gargita Panca Suara membawakan tabuh kreasi Pepanggulan Puras Mancuh dan tari kreasi Halahala. 

Sekaa Gong Kebyar Wanita Gentha Saraswati membawakan tabuh kreasi Sandya Gita Melasti dan tari kreasi Kalangwaning. Sementara Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Sanggar Seni Nawasena, membawakan tabuh kreasi Rob dan tari kreasi Dolanan Mepencar-Pencaran.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara mengatakan, persiapan pentas Gong Kebyar Duta Jembrana ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sesuai jadwal yang disampaikan panitia. Kesempatan itu pun dimanfaatkan bersama rekan-rekan seniman Jembrana dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

"Kita garap disesuaikan tema Segara Kerti sehingga Gong Kebyar Duta Kabupaten Jembrana bisa terlaksana dengan baik. Kitan juga apresiasi penampilan yang sangat baik dari seka gong anak- anak. Ini adalah penerus gong kebyar di pagelaran selanjutnya," ujarnya. 7ode

Komentar